I.
PENDAHULUAN
Mutu merupakan
kata kunci dalam Era Globalisasi yang ditandai begitu banyaknya persaingan yang
ketat pada saat ini. Keberhasilan dalam upaya untuk menjadi pemenang dalam
kompetisi khususnya dalam dunia pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan
sekolah Anda dalam mengelola dan meningkatkan sumberdaya yang di miliki oleh
sekolah Anda sendiri dalam memberikan layanan pendidikan di sekolah Anda yang
benar-benar prima. Sekolah Anda dalam hal ini harus benar-benar menyadari bahwa
dalam proses memenuhi Standar Pendidikan dan memenuhi harapan masyarakat, maka
sekolah Anda harus menunjukkan nilai tambahnya dalam memenuhi harapan mewah
dari masyarakat tersebut.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO
9001:2008 di sekolah Anda merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian?
Karena SMM ISO 9001:2008 memfokuskan pada peningkatan layanan pendidikan dari
semua sektor pendidikan yang ada di sekolah Anda. Dalam upaya meningkatkan
gairah layanan pendidikan, SMM ISO digunakan untuk meningkatkan kompetensi
warga sekolah Anda untuk menjadi jagoan; Jagoan Kesiswaan, Jagoan Kurrikulum,
Jagoan Humas, Jagoan Sarpras dan seterusnya.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO
9001:2008 akan dapat memberikan nilai tambah. Apa yang dimaksud dengan Nilai
Tambah? Yaitu Sekolah Anda akan bertambah baik Sistem Administrasinya pada
semua bagian sub. Bidang, bertambah menjadi segalanya dan menjadi terpenuhi.
Jika sekolah Anda di pastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 akan memiliki
keunggulan pada Sistem Administrasi pada semua bagian di sekolah Anda, ini bisa
terjadi karena pada SMM ISO sekolah Anda wajib untuk mengendalikan kearsipan, dan
sekolah Anda akan memiliki prosedur kerja yang operasional dan terukur (dapat
dilaksanakan), sehingga tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dan kewajiban
di sekolah Anda, sekolah Anda dipastikan memiliki acuan baku yang telah
ditetapkan oleh Top Manajemen (Kepala Sekolah) di sekolah Anda, dan kemudian
diterapkan oleh semua warga sekolah Anda, sehingga sekolah Anda akan dipastikan
memiliki kinerja yang terukur dan terencana dengan jelas bahwa apapun yang
dikerjakan pasti jelas hasilnya, kemudian dilakukan tinjauan menajemen oleh Top
Manajemen di sekolah Anda secara berkala sebagai dasar untuk perbaikan
berkelanjutan. Sekolah Anda yang dipastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 dalam
mengambil keputusan apapun untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah
Anda wajib mengikut sertakan seluruh warga sekolah Anda yang tentunya untuk
mencapai cita-cita dan tujuan mewah di sekolah Anda baik jangka panjang,
menengah, dan pendek. Kemudian secara rutin melakukan Audit Internal untuk
memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang sudah di buat sesuai dengan
kategori sekolah Anda benar-benar sudah berjalan sesuai dengan jalurnya yaitu
sesuai dengan klausul yang dipersyaratkan dengan standar-standar Internasional.
Untuk sekolah Anda yang dipastikan
menerapkan SMM ISO 9001:2008, setelah mendapatkan keunggulan secara Internal,
juga mendapatkan keungtungan Eksternal. Apa manfaat Eksternal bagi sekolah
Anda? yang pasti menerapkan ISO 9001:2008? yaitu akan mendapatkan gelar “Mutu
Sekolah Berstandar Internasional ISO 9001;2008” dengan kategori sekolah Anda
tersebut (MSBI ISO9001:2008) sudah barang tentu memberikan peningkatan
kepercayaan layanan pendidikan kepada masyarakat luas yang benar-benar Bertaraf
Internasional, karena sekolah Anda di Audit oleh Lembaga Sertifikasi Mutu
Internasional yang dilakukan oleh Negara-negara OECD (kelompok Ngera berekonomi
maju) yang diberi kewenangan untuk megeluarkan Sertifikat Mutu Internasional,
kemudian sekolah Anda terdaftar dan diakui sebagai sekolah yang bersertifikat
ISO, sehingga sekolah Anda akan memiliki standar yang sama dengan
sekolah-sekolah maju di Indonesia yang sudah berlebel ISO. Perlu sekolah Anda
tahu bukan bentuk dari pembohongan kepada masyarakat luas.
Oleh karena itu, ada hal yang sangat-sangat
penting dan dipahami pada sekolah Anda, bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu
ISO 9001:2008 ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai persyaratan
kepuasan layanan pendidikan pada pelanggan di sekolah Anda, namun juga untuk
kepentingnan sekolah Anda sendiri untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih
terhadap produk yang sama dibanding dengan lembaga-lembaga lain. Ketika sekolah
Anda sudah mendapatkan pengakuan formal dengan menyandang gelar Sekolah
Bersertifikat Internasional ISO9001:2008 wajib dan harus menjaga konsistensi mutu.
Bagaimana cara menjaga konsistensi mutu? Untuk sekolah Anda yang
mengimplementasikan dan mendapat kepercayaan Internasional (bersertifikat ISO)
harus memiliki prinsip “WIN-WIN” jika sekolah Anda sudah dikenal sebagai
Jagonya Mutu sekolah Anda diwajibkan memiliki jadwal untuk memberikan pembinaan
kepada lembaga-lembaga lain, dan ketika sistem manajemen mutu yang sekolah Anda
miliki nantinya benar-benar bisa diterapkan oleh lembaga lain dengan sedikit
modifikasi lalu lembaga lain menjadi sukses seperti sekolah Anda maka sekolah
Anda sudah memberikan kemenangan pada lembaga lain. Saat itulah sekolah Anda
telah menemukan Jalan Kekuwatanya dengan ISO9001:2008.
Apakah bisa sekolah Anda menjadi Jagonya
Mutu? Jawabnya pasti bisa, jika syarat atau klausul menuju Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 sekolah Anda dengan
berjuang keras serta pembinaan dengan konsultan yang prima sebagaimana yang
telah dilakukan di lembaga-lembaga sekolah yang sudah berhasil dengan ISO
9001:2008.
Persyaratan-persyaratn
ISO9001:2008 sebagai berikut (Klausul 4.1-8.5.3):
PERSYARATAN-PERSYARATAN
|
KLAUSUL
|
Ruang Lingkup
Umum
Aplikasi
|
F 1
F 1.1
F 1.2
|
Acuan Normatif
|
F 2
|
Tujuan dan Definisi
|
F 3
|
SISTEM MANAJEMEN MUTU
|
F 4
|
Persyaratan Umum
|
F 4.1
|
Persyaratan
Dokumen
Umum
Pedoman/Manual Mutu
Pengendalian Dokumen
Pengendalian Rekaman/Catatan Mutu
|
F 4.2
F 4.2.1
F 4.2.2
F 4.2.3
F 4.2.4
|
TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN
|
F 5
|
Komitmen
Manajemen
Fokus pada
Pelanggan Sekolah (warga sekolah)
Kebijakan Mutu
Sekolah
|
F 5.1
F 5.2
F 5.3
|
Perencanaan
Tujuan Mutu Sekolah
Perencanaan Sistem Manajemen Mutu Sekolah
|
F 5.4
F 5.4.1
F 5.4.2
|
Tanggung
Jawab, Wewenang, dan Komunikasi
Tanggung Jawad dan Wewenang
Wakil Manajemen
Komunikasi Internal antar Waka & Kordinator
|
F 5.5
F 5.5.1
F 5.5.2
F 5.5.3
|
Tinjauan
Manajemen Mutu Sekolah
Umum
Input Tinjauan
Output Tinjauan
|
F 5.6
F 5.6.1
F 5.6.2
F 5.6.3
|
MANAJEMEN SUMBERDAYA
|
F 6
|
Penyediaan
Sumberdaya
|
F 6.1
|
Sumberdaya
Manusia
Umum
Kemampuan, Kesadaran, dan Pelatihan
|
F 6.2
F 6.2.1
F 6.2.2
|
Prasarana
|
F 6.3
|
Lingkungan
Kerja
|
F 6.4
|
REALISASI HASIL SEKOLAH
|
F 7
|
Perencanaan
Realisasi Hasil Sekolah
|
F 7.1
|
Proses yang
Berkaitan dengan Pelanggan Sekolah
Penentuan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Sekolah
Tinjauan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Sekolah
Komunikasi dengan Pelanggan Warga sekolah
|
F 7.2
F 7.2.1
F 7.2.2
F 7.2.3
|
Disain dan
Pengembangan
Perencanaan Disain dan Pengembangan
Input Disain dan Pengembangan
Output Disain dan Pengembangan
|
F 7.3
F 7.3.1
F 7.3.2
F 7.3.3
|
Tinjauan Disain dan Pengembangan
Verifikasi disain dan Pengembangan
Validasi Disain dan Pengembangan
Pengendalian Perubahan Disain dan Pengembangan
|
F 7.3.4
F 7.3.5
F 7.3.6
F 7.3.7
|
Pembelian
Proses Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa Sekolah
Informasi Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa sekolah
Verifikasi Produk (barang & Jasa) yang Dibeli
|
F 7.4
F 7.4.1
F 7.4.2
F 7.4.3
|
Penyediaan
Produksi dan Jasa
Pengendalian Penyediaan Barang dan Jasa Sekolah
Validasi Proses untuk Penyediaan Barang dan Jasa Sekolah
Identifikasi dan Mampu Telusur
Kepemilikan Pelanggan
Tindak telusur lulusan
|
F 7.5
F 7.5.1
F 7.5.2
F 7.5.3
F 7.5.4
F 7.5.5
|
Pengendalian
Peralatan Monitoring dan Pengukuran
|
F 7.6
|
PENGUKURAN, ANALISA, DAN PERBAIKAN
|
F 8
|
Umum
|
F 8.1
|
Monitoring dan
Pengukuran
Kepuasan Pelanggan (Warga Sekolah)
Internal Audit
Monitoring dan Pengukuran Proses
Monitoring dan Pengukuran Hasil Sekolah
|
F 8.2
F 8.2.1
F 8.2.2
F 8.2.3
F 8.2.4
|
Pengendalian
Hasil Tidak Sesuai
|
F 8.3
|
Analisa Data
|
F 8.4
|
Perbaikan
Perbaikan Berkelanjutan
Tindakan Koreksi
Tindakan Pencegahan
|
F 8.5
F 8.5.1
F 8.5.2
F 8.5.3
|
Apabila SMM ISO9001:2008 ini diterapkan
pada sekolah Anda secara benar dan konsisten, maka dapat dipastikan terjadi
magic pada sekolah Anda yaitu adanya peningkatan kinerja dan kepuasan pelanggan
(staff, siswa, guru, kepala sekolah, penjaga sekolah, wali murid, serta
masyarakat sekitar). Jika sekolah Anda pahami bahwa dalam proses meraih SMM ISO
mengutamakan pengendalian proses sejak awal, sehingga seluruh proses kerja
menjadi titik-titik kritis dan penting yang menentukan keberhasilan sekolah
Anda dalam meningkatkan dan menumbuhkan mutu percepatan layanan pendidikan dan
mutu proses untuk menghasilkan cita-cita dan tujuan mewah sekolah Anda.
II.
MANFAAT PENERAPAN SMM ISO 9001:2008
Dipastikan sekolah Anda yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu
ISO9001:2008 secara konsisten dan berkelanjutan, maka sekolah Anda sudah
dipastikan mendapatkan nilai tambah yang sangat besar, sebagai berikut
Manfaat
External pada sekolah Anda:
§ Meningkatkan hubungan dengan positif dengan peserta didik
§ Meningkatkan hubungan dengan pelanggan (kepuasan warga sekolah)
§ Lebih competitive dibandingkan dengan sekolah lain atas produk
yang sama
§ Peningkatan kepuasan warga sekolah
§ Perbaikan dalam penanganan komplain dan keluhan warga sekolah
Manfaat
Internal (Lebih banyak dibanding manfaat eksternal) di sekolah Anda:
§ Penurunan kerja ulang
§ Penurunan dalam biaya jangka panjang
§ Perbaikan dalam pengedalian dan pengukuran proses
§ Perbaikan moral dan respon dari staff
§ Perbaikan tanggungjawab individu, bagian, dan sistem manajemen
§ Perbaikan kejelasan wewenang dan tanggungjawab
§ Peningkatan efisiensi penggunaan sumberdaya
Sistem manajemen sekolah Anda menjadi lebih baik dan berkembang,
mengapa demikian? Karena sekolah Anda memiliki:
1. Pedoman Mutu
PM (Pedoman Mutu)
sebagai alat “Promosi Sekolah” yang berisikan tentang “Profil Sekolah” dan
penjelasan tentang operasional penerapan SMM ISO9001:2008.
2. Kebijakan Mutu
KM (Kebijakan
Mutu) sebagai pedoman arah kebijakan jangka panjang sekolah Anda dalam hal
perbaikan mutu sekolah secara berkelanjutan.
3. Sasaran Mutu
SM (Sasaran Mutu)
yang dimaksud dalam ISO adalah seperangkat pedoman organisasi yang digunakan
untuk meraih target-target jangka pendek dan peningkatan sekolah.
4. Prosedur Mutu / Prosedur Kerja
PM/PK
(Prosedur Mutu/Prosedur Kerja) adalah seperangkat pedoman mutu dalam
melaksanakan tugas-tugasnya di sekolah Anda menjadi terprosedur baku yang
dipergunakan oleh seluruh departemen/devisi di sekolah Anda.
5. Job Deskripsi / Tugas dan Tanggungjawab
JD (Job
Description) adalah seperangkat pedoman standar pembagian tugas-tugas dan
tanggungjawab yang jelas dan tidak ada tumpang tindih kewenangan dalam
menjalankan proses-proses di seluruh departemen atau devisi di sekolah Anda.
6. Standar Internal
SI (Standar
Internal) adalah seperangkat pedoman standar yang berisikan
persyaratan-persyaratan input yang akan menentukan output sehingga dijadikan
standar dalam peningkatan kinerja sekolah Anda.
7. Standardisasi Format, Pemakaian, dan Pengendalian
Arsip
SF (Standardisasi
Format) adalah seperangkat kumpulan rekaman penting (file, CD, Buku, Format,
Dokumen_) sehingga benar-benar memudahkan penyimpanan dan pengambilan arsip
yang tersimpan. Mengapa harus pengelolaan arsip wajib baik untuk sekolah Anda?
jawabnya adalah kerena pengelolaan arsip yang baik mudah dilihat dan gampang
diambil dan mudah dikembalikan pada tempatnya merupakan wujud kinerja dan
menunjukkan tingkat profesionalisme di sekolah Anda.
III.
METODE LAYANAN PEMBINAAN KONSULTAN
MANAJEMEN
SMM ISO9001:2008
bagi
sekolah Anda yang memastikan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, kami
Prima Edukasi Manajemen Konsultan membagi menjadi 8
(delapan) tahapan program penting, dengan steps sebagai berikut:
STEP 1 PELATIHAN
PEMAHAMAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan
pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal kunci dari masing-masing
kegiatan atau bagian.
Adapun rencana program pada Step 1 ini
adalah sebagai berikut:
§ Pelatihan Pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal
kunci di sekolah Anda dalam perencanaan penerapan dan pemeliharaannya.
PELATIHAN:
|
STEP 2 PERENCANAAN
PENERAPAN ISO9001:2008
Pada Step 2 ini, memberikan panduan,
bimbingan, dan petunjuk kepada TIM ISO di sekolah Anda dalam merancang tata
waktu penerapan SMM ISO9001:2008 serta penyiapan rancang bangun dokumentasi dan
penanggungjawab pengembangan SMM ISO9001:2008.
|
STEP 3 PENGEMBANGAN
DOKUMEN SMM ISO9001:2008
Pada langkah Step 3 ini: konsultan
memberikan pembinaan terhadap Tim Sukses ISO di sekolah Anda untuk membuat
sistem dokumentasi yang disesuaikan klausul standar ISO9001:2008 yang terdiri
dari: Kebijakan
Mutu, Tujuan Mutu, Pedoman Mutu, Prosedur Kerja, dan Dokumen Pendukung Lainnya
(dokumen terkait)
|
STEP 4 PENGEMBANGAN,
PENYELARASAN DAN BIMBINGAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Pada step 4 ini konsultan memberikan
bimbingan dan motivasi atas pentingnya kepada semua warga sekolah bahwa Sistem
Manajemen Mutu yang telah di buat dan disepakati oleh sekolah Anda merupakan
kunci untuk menerapkan SMM ISO9001:2008, serta untuk menjaga konsistensi
terhadap mutu yang dihasilkan.
|
STEP 5 PELATIHAN
DAN PRAKTEK AUDIT MUTU INTERNAL
|
PELATIHAN
|
STEP 6 PELAKSANAAN
TINJAUAN MANAJEMEN
Pada langkah ke 6 ini Prima Edukasi
Konsultan akan memberikan pendampingan dan memandu proses tinjuan manajemen
untuk melihat aktifitas penerapan SMM ISO 9001:2008 di sekolah Anda.
|
STEP 7 PEMERIKSAAN
KESIAPAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008 DAN PERSIAPAN PRE-AUDIT (PRE ASSESSMENT)
Pada langkah yang ke 7 ini pihak dari
konsultant akan memeriksa secara komprehensif terkait dengan segala persiapan
untuk penerapan SMM ISO9001:2008.
Target aktifitas pada langkah ke 7 ini adalah;
|
STEP 8 PERBAIKAN
HASIL PER-AUDIT DAN PERSIAPAN FINAL AUDIT OLEH LEMBAGA EKSTERNAL AUDIT
Pada langkah yang ke 8 ini adalah yang
sangat penting dimana sekolah Anda bersama-sama dengan konsultan melakukan
perbaikan hasil temuan ketidaksesuaian dari hasil per-Audit ((Pre Assessment)
oleh Lembaga
Sertifikasi Internasional. Setelah semua atas ketidaksesuaian
tersebut diperbaiki
dan dikirim ke Lembaga Sertifikasi Internasional, selanjutnya
Lembaga Sertifikasi akan segara melakukan Final Audit (Final Assessment) sebagai syarat
Sertifikasi SMM ISO9001:2008 di sekolah Anda.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. WAKTU & BIAYA
§ Target perencanaan waktu untuk menyelasaikan program Penerapan
dan perolehan sertifikat ISO 9001:2008 di sekolah Anda selama 6-7 bulan (sesuai
dengan 8 tahapan program yang direncanakan) dengan konsultan yang
berpengalaman.
§
Program setting SMM di sekolah Anda
direncanakan dimulai
pada bulan Maret s/d bulan Septembar berdasarkan rencana jadwal
kunjungan sebagai beriktu:
NO
|
PROGRAM ISO9001
|
KUNJUNGAN
|
JUMLAH HARI KERJA
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
|||
1.
|
F
Pelatihan Pemahaman SMM ISO 9001:2008
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
2.
|
F
Perencanaan Penerapan SMM ISO9001:2008
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
3.
|
F
Pengembangan Dokumen SMM ISO9001:2008
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
4.
|
F
Pengembangan Penyelarasan dan Bimbingan
Penerapan SMM ISO9001:2008
|
|
|
|
|
10
|
|||
5.
|
F
Pelatihan dan Praktek Audit Mutu Internal
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
6.
|
F
Pemeriksaan Persiapan Penerapan SMM
ISO9001:2008 dan Persiapan Pre-Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
7.
|
F
Pre-Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
8.
|
F
Perbaikan Hasil Pre-Assessment dan
Persiapan Final Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
9.
|
F
Final Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
TOTAL HARI KONSULTAN
|
32
|
Catatan:
§ Rincian Jadual Kunjungan akan ditentukan dengan bersama oleh
Para Pihak di sekolah Anda.
§ Jaringan internet bisa dipergunakan untuk efektifitas dan
percepatan konsultasi.
Rincian
Biaya Program Setting SMM ISO9001:2008 adalah sebagai berikut:
NO
|
SERVISE
|
COST
|
1.
|
Layanan konsultasi selama 6-7 bulan
(setara dengan 32 hari kerja atau 224 jam kerja dengan konsultan) di sekolah
Anda, mulai dari:
|
Biaya Konsultan &
Setifikat ISO 9001:2008
40.000.000,-
|
2.
|
§ Pelatihan
pemahaman ISO9001:2008 dan materi pelatihan (termasuk sertifikat peserta)
|
|
3.
|
§ Sosialisasi
ISO 9001:2008 dan materi sosialisasi
|
|
4.
|
§ Perencanaan
dan pengembangan seluruh dokumen untuk implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO
(pembinaan selama 6-7 bulan)
|
|
5.
|
§ Pelatihan
dan praktek audit Mutu Internal dan Materi Pelatihan Audit (termasuk
sertifikat peserta)
|
|
6.
|
§ Pemeriksaan
peserta menghadapi badan sertifikasi
|
|
7.
|
§ Perbaikan
hasil sertifikasi sampai mendapat sertifikasi ISO 9001:2008
|
Catatan:
§ Biaya yang disepakati adalah biaya konsultan dan sampai pada
Audit Eksternal atau Final Essessment oleh Lembaga Audit ISO internasional dan
memperoleh sertifikat ISO 9001:2008
§ Akomudasi penginapan selama setting SMM ISO9001:2008 menjadi
tanggungjawab sekolah Anda. (jika sekolah Anda berada di luar Daerah jangkauan
konsultan)
§ Pajak dibebankan pada sekolah Anda
Sistem
pembayaran secara bertahap sehingga meringankan sekolah Anda dengan rincian
sebagai berikut:
Tahap
|
Besaran
|
Dibayarkan
|
I
|
§
50%
|
F
Pada
saat kontrak kerjasama ditandatangani
|
II
|
§
25%
|
F
Bulan
ke III
|
III
|
§
25%
|
F
Bulan
ke V
|
TOTAL
|
100%
|
Apabila
sekolah Anda menghendaki, maka sistem pembiayaan ini dapat di ubah sesuai
dengan keinginan maupun kondisi sekolah Anda.
VI.
BEBERAPA KEUNTUNGAN MEMAKAI
JASA PRIMA EDUCATION QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT
A. Kami Prima Edukasi Manajemen Mutu Konsultan tidak sekedar
menyesuaikan sistem manajemen sekolah dengan standar Internasional ISO
9001:2008, tetapi kami juga akan menyempurnakan Sistem Manajemennya
B. Kami fokus pada nilai tambah sekolah Anda khususnya pada Sistem
Manajemen Mutu yang benar-benar untuk Manajemen Mutu Pendidikan di sekolah Anda
C. Kami berniat untuk memotong tingkat kemahalan biaya penerapan
SMM ISO9001:2008 yang dilakukan oleh konsultan non pendidikan (Perusahaan)
D. Kami fokus pada manajemen mutu pendidikan bukan manajemen mutu
perusahaan yang dipaksakan untuk sekolah
E.
Kami memiliki network dan hubungan yang
baik dengan lembaga Sertifikasi cabang Jakarta dan Surabaya, sehingga sekolah
Anda memiliki banyak pilihan untuk Lembaga Sertifikasi ISO9001:2008
F.
Penawaran special PRIMA
EDUKASI MANAJEMEN KONSULTAN : Pembinaan ISO 9001:2008 bisa dilakukan dengan
kemitraan bersama yaitu; pembinaan terdiri dari beberapa sekolah dan melakukan
kesepakatan bersama untuk diadakan pembinaan Sistem Manajemen Mutu dengan ISO
9001:2008. Sehingga bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan yang sama serta
menghemat biaya.
SISTEM KEMITRAAN terdiri dari 3 sekolah yang
menyelenggaran pembinaan SMM ISO 9001:2008 dengan rincian biaya 40.000.000,-
yang diangkat oleh 3 lembaga dan biaya tersebut tidak termasuk biaya sertifikat
ISO9001:2008. Jika sekolah mengendaki audit internal untuk sertifikasi
ISO9001:2008 biaya ditanggung mandiri.
Demikian SMM ISO9001:2008 in Brieft yang
kami ajukan, selanjutnya jika sekolah Anda atau secara kelompok sekolah
berkeinginan sekali untuk mendapatkan informasi detail berkenaan dengan
proposal ini, kami Prima Education Management Consultant bersedia melakukan presentasi detail di
sekolah atau tempat yang disepakati oleh Anda tanpa di pungut biaya.
INFORMASI
Untuk
informasi selanjutnya, hubungi:
PURWADI, M.Pd
Konsultan
ISO 9001:2008
MB: 085 735 935 737
HESTY PUSPITASARI, M.Pd
Direktur
Utama Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 755 393 713
Alamat:
JL. Raya Bancar No. 26 Prambon Kab. Nganjuk 64484
Acub
Zainal H.Dahlan,
Asisten Instruktur Pelatih Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 790 391 932
Alamat:
JL. PB. Sudirman
Dingin RT. 01 RW. 08 Desa Ngronggot Kec. Ngronggot
Kab.
Nganjuk
CONSULTANT
CURRICULUM VITAE
|
||
Nama
|
:
|
Purwadi, M.Pd
|
Tanggal Lahir
|
:
|
Kediri, 16 Desember 1975
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pendidikan
|
:
|
Prog. Pascasarjana Universitas Islam
Malang
|
Pelatihan
|
1
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
|
2
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
|
|
3
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
|
|
4
|
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
|
|
5
|
Penerimaan R-SMA BI Jakarta
|
|
Pengalaman Kerja
|
1
|
Ketua Program Rintisan Sekolah Bertaraf
Internasional SMA AR-Risalah Lirboyo Kota Kediri (2009-2010)
|
2
|
Ketua perolehan sertifikasi ISO9001:2008
SMA Ar-Risalah Lirboyo Kota-Kediri (2009- sampai sekarang)
|
|
3
|
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
|
|
4
|
Instruktur pelatihan
§ Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008
s/d sekarang)
|
CONSULTANT
CURRICULUM VITAE
|
||
Nama
|
:
|
Hesty Puspita Sari, M.Pd
|
Tanggal Lahir
|
:
|
Nganjuk, 14 Maret 1982
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pendidikan
|
:
|
Prog. Pascasarjana Universitas Sebelas
Maret Surakarta
|
Pelatihan
|
1
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
|
2
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
|
|
3
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
|
|
4
|
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
|
|
Pengalaman Kerja
|
1
|
Dosen FKIP Universitas Islam Kadiri
sampai sekarang
|
2
|
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
|
|
3
|
Instruktur pelatihan
§
Sistem
Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
|
|
4
|
Direktur Prima Edukasi Manajemen
Konsultan s/d sekarang
|
CONSULTANT
CURRICULUM VITAE
|
||
Nama
|
:
|
Acub Zainal
H.Dahlan,S.Pd.I
|
Tanggal Lahir
|
:
|
Ende Flores, 02 Agustus 1976
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pendidikan
|
:
|
Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Universitas Islam
Indonesia (UII) Yogyakarta
|
|
1
|
Pelatihan SMM ISO9001:2012 Surabaya
|
2
|
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 (2012 s/d sekarang)
|
|
Pengalaman Kerja
|
|
Asisten Instruktur pelatihan
Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2011 s/d sekarang)
|
BAB VII
PENGALAMAN PEMBINAAN
1.
MAN
Nglawak Kertosono Kab. Nganjuk Jawa Timur
2.
MTs
N 2 Kota Kediri Nggrongo Jawa Timur
3.
R-SMA
BI Ar-Risalah Kediri Jawa Timur
4.
ZERO
COLLEGE Kota Nganjuk Jawa Timur
5.
YAYASAN
SAHALA Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur
6. Dinas Pendidikan Kota Kediri
SEMOGA BERMANFAAT
AMIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar