PROPOSAL UNTUK SEKOLAH



I.         PENDAHULUAN

          Mutu merupakan kata kunci dalam Era Globalisasi yang ditandai begitu banyaknya persaingan yang ketat pada saat ini. Keberhasilan dalam upaya untuk menjadi pemenang dalam kompetisi khususnya dalam dunia pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan sekolah Anda dalam mengelola dan meningkatkan sumberdaya yang di miliki oleh sekolah Anda sendiri dalam memberikan layanan pendidikan di sekolah Anda yang benar-benar prima. Sekolah Anda dalam hal ini harus benar-benar menyadari bahwa dalam proses memenuhi Standar Pendidikan dan memenuhi harapan masyarakat, maka sekolah Anda harus menunjukkan nilai tambahnya dalam memenuhi harapan mewah dari masyarakat tersebut.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di sekolah Anda merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena SMM ISO 9001:2008 memfokuskan pada peningkatan layanan pendidikan dari semua sektor pendidikan yang ada di sekolah Anda. Dalam upaya meningkatkan gairah layanan pendidikan, SMM ISO digunakan untuk meningkatkan kompetensi warga sekolah Anda untuk menjadi jagoan; Jagoan Kesiswaan, Jagoan Kurrikulum, Jagoan Humas, Jagoan Sarpras dan seterusnya.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 akan dapat memberikan nilai tambah. Apa yang dimaksud dengan Nilai Tambah? Yaitu Sekolah Anda akan bertambah baik Sistem Administrasinya pada semua bagian sub. Bidang, bertambah menjadi segalanya dan menjadi terpenuhi. Jika sekolah Anda di pastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 akan memiliki keunggulan pada Sistem Administrasi pada semua bagian di sekolah Anda, ini bisa terjadi karena pada SMM ISO sekolah Anda wajib untuk mengendalikan kearsipan, dan sekolah Anda akan memiliki prosedur kerja yang operasional dan terukur (dapat dilaksanakan), sehingga tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dan kewajiban di sekolah Anda, sekolah Anda dipastikan memiliki acuan baku yang telah ditetapkan oleh Top Manajemen (Kepala Sekolah) di sekolah Anda, dan kemudian diterapkan oleh semua warga sekolah Anda, sehingga sekolah Anda akan dipastikan memiliki kinerja yang terukur dan terencana dengan jelas bahwa apapun yang dikerjakan pasti jelas hasilnya, kemudian dilakukan tinjauan menajemen oleh Top Manajemen di sekolah Anda secara berkala sebagai dasar untuk perbaikan berkelanjutan. Sekolah Anda yang dipastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 dalam mengambil keputusan apapun untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di sekolah Anda wajib mengikut sertakan seluruh warga sekolah Anda yang tentunya untuk mencapai cita-cita dan tujuan mewah di sekolah Anda baik jangka panjang, menengah, dan pendek. Kemudian secara rutin melakukan Audit Internal untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang sudah di buat sesuai dengan kategori sekolah Anda benar-benar sudah berjalan sesuai dengan jalurnya yaitu sesuai dengan klausul yang dipersyaratkan dengan standar-standar Internasional.
Untuk sekolah Anda yang dipastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008, setelah mendapatkan keunggulan secara Internal, juga mendapatkan keungtungan Eksternal. Apa manfaat Eksternal bagi sekolah Anda? yang pasti menerapkan ISO 9001:2008? yaitu akan mendapatkan gelar “Mutu Sekolah Berstandar Internasional ISO 9001;2008” dengan kategori sekolah Anda tersebut (MSBI ISO9001:2008) sudah barang tentu memberikan peningkatan kepercayaan layanan pendidikan kepada masyarakat luas yang benar-benar Bertaraf Internasional, karena sekolah Anda di Audit oleh Lembaga Sertifikasi Mutu Internasional yang dilakukan oleh Negara-negara OECD (kelompok Ngera berekonomi maju) yang diberi kewenangan untuk megeluarkan Sertifikat Mutu Internasional, kemudian sekolah Anda terdaftar dan diakui sebagai sekolah yang bersertifikat ISO, sehingga sekolah Anda akan memiliki standar yang sama dengan sekolah-sekolah maju di Indonesia yang sudah berlebel ISO. Perlu sekolah Anda tahu bukan bentuk dari pembohongan kepada masyarakat luas. 
Oleh karena itu, ada hal yang sangat-sangat penting dan dipahami pada sekolah Anda, bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai persyaratan kepuasan layanan pendidikan pada pelanggan di sekolah Anda, namun juga untuk kepentingnan sekolah Anda sendiri untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih terhadap produk yang sama dibanding dengan lembaga-lembaga lain. Ketika sekolah Anda sudah mendapatkan pengakuan formal dengan menyandang gelar Sekolah Bersertifikat Internasional ISO9001:2008 wajib dan harus menjaga konsistensi mutu. Bagaimana cara menjaga konsistensi mutu? Untuk sekolah Anda yang mengimplementasikan dan mendapat kepercayaan Internasional (bersertifikat ISO) harus memiliki prinsip “WIN-WIN” jika sekolah Anda sudah dikenal sebagai Jagonya Mutu sekolah Anda diwajibkan memiliki jadwal untuk memberikan pembinaan kepada lembaga-lembaga lain, dan ketika sistem manajemen mutu yang sekolah Anda miliki nantinya benar-benar bisa diterapkan oleh lembaga lain dengan sedikit modifikasi lalu lembaga lain menjadi sukses seperti sekolah Anda maka sekolah Anda sudah memberikan kemenangan pada lembaga lain. Saat itulah sekolah Anda telah menemukan Jalan Kekuwatanya dengan ISO9001:2008.
Apakah bisa sekolah Anda menjadi Jagonya Mutu? Jawabnya pasti bisa, jika syarat atau klausul menuju Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008  sekolah Anda dengan berjuang keras serta pembinaan dengan konsultan yang prima sebagaimana yang telah dilakukan di lembaga-lembaga sekolah yang sudah berhasil dengan ISO 9001:2008.
Persyaratan-persyaratn ISO9001:2008 sebagai berikut (Klausul 4.1-8.5.3):
PERSYARATAN-PERSYARATAN
KLAUSUL
Ruang Lingkup
Umum
Aplikasi
F   1
F   1.1
F   1.2
Acuan Normatif
F   2
Tujuan dan Definisi
F   3
SISTEM MANAJEMEN MUTU
F   4
Persyaratan Umum
F   4.1
Persyaratan Dokumen
Umum
Pedoman/Manual Mutu
Pengendalian Dokumen
Pengendalian Rekaman/Catatan Mutu
F 4.2
F 4.2.1
F 4.2.2
F 4.2.3
F 4.2.4
TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN
F 5
Komitmen Manajemen
Fokus pada Pelanggan Sekolah (warga sekolah)
Kebijakan Mutu Sekolah
F 5.1
F 5.2
F 5.3
Perencanaan
Tujuan Mutu Sekolah
Perencanaan Sistem Manajemen Mutu Sekolah
F 5.4
F 5.4.1
F 5.4.2
Tanggung Jawab, Wewenang, dan Komunikasi
Tanggung Jawad dan Wewenang
Wakil Manajemen
Komunikasi Internal antar Waka & Kordinator
F 5.5
F 5.5.1
F 5.5.2
F 5.5.3
Tinjauan Manajemen Mutu Sekolah
Umum
Input Tinjauan
Output Tinjauan
F 5.6
F 5.6.1
F 5.6.2
F 5.6.3
MANAJEMEN SUMBERDAYA
F 6
Penyediaan Sumberdaya
F 6.1
Sumberdaya Manusia
Umum
Kemampuan, Kesadaran, dan Pelatihan
F 6.2
F 6.2.1
F 6.2.2
Prasarana
F 6.3
Lingkungan Kerja
F 6.4
REALISASI HASIL SEKOLAH
F 7
Perencanaan Realisasi Hasil Sekolah
F 7.1
Proses yang Berkaitan dengan Pelanggan Sekolah
Penentuan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Sekolah
Tinjauan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Sekolah
Komunikasi dengan Pelanggan Warga sekolah
F 7.2

F 7.2.1
F 7.2.2
F 7.2.3
Disain dan Pengembangan
Perencanaan Disain dan Pengembangan
Input Disain dan Pengembangan
Output Disain dan Pengembangan
F 7.3
F 7.3.1
F 7.3.2
F 7.3.3
Tinjauan Disain dan Pengembangan
Verifikasi disain dan Pengembangan 
Validasi Disain dan Pengembangan             
Pengendalian Perubahan Disain dan Pengembangan                                
F  7.3.4
F  7.3.5
F  7.3.6
F  7.3.7
Pembelian
Proses Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa Sekolah
Informasi Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa sekolah
Verifikasi Produk (barang & Jasa) yang Dibeli                                 
F  7.4
F  7.4.1
F  7.4.2
F  7.4.3
Penyediaan Produksi dan Jasa
Pengendalian Penyediaan Barang dan Jasa Sekolah
Validasi Proses untuk Penyediaan Barang dan Jasa Sekolah
Identifikasi dan Mampu Telusur
Kepemilikan Pelanggan
Tindak telusur lulusan
F  7.5
F  7.5.1
F  7.5.2
F  7.5.3
F  7.5.4
F  7.5.5
Pengendalian Peralatan Monitoring dan Pengukuran
F  7.6
PENGUKURAN, ANALISA, DAN PERBAIKAN
F  8
Umum
F  8.1
Monitoring dan Pengukuran
Kepuasan Pelanggan (Warga Sekolah)
Internal Audit
Monitoring dan Pengukuran Proses
Monitoring dan Pengukuran Hasil Sekolah
F  8.2
F  8.2.1
F  8.2.2
F  8.2.3
F  8.2.4
Pengendalian Hasil Tidak Sesuai
F  8.3
Analisa Data
F  8.4
Perbaikan
Perbaikan Berkelanjutan
Tindakan Koreksi
Tindakan Pencegahan
F  8.5
F  8.5.1
F  8.5.2
F  8.5.3

Apabila SMM ISO9001:2008 ini diterapkan pada sekolah Anda secara benar dan konsisten, maka dapat dipastikan terjadi magic pada sekolah Anda yaitu adanya peningkatan kinerja dan kepuasan pelanggan (staff, siswa, guru, kepala sekolah, penjaga sekolah, wali murid, serta masyarakat sekitar). Jika sekolah Anda pahami bahwa dalam proses meraih SMM ISO mengutamakan pengendalian proses sejak awal, sehingga seluruh proses kerja menjadi titik-titik kritis dan penting yang menentukan keberhasilan sekolah Anda dalam meningkatkan dan menumbuhkan mutu percepatan layanan pendidikan dan mutu proses untuk menghasilkan cita-cita dan tujuan mewah sekolah Anda.



II.           MANFAAT PENERAPAN SMM ISO 9001:2008
Dipastikan sekolah Anda yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 secara konsisten dan berkelanjutan, maka sekolah Anda sudah dipastikan mendapatkan nilai tambah yang sangat besar, sebagai berikut
Manfaat External pada sekolah Anda:
§  Meningkatkan hubungan dengan positif dengan peserta didik
§  Meningkatkan hubungan dengan pelanggan (kepuasan warga sekolah)
§  Lebih competitive dibandingkan dengan sekolah lain atas produk yang sama
§  Peningkatan kepuasan warga sekolah
§  Perbaikan dalam penanganan komplain dan keluhan warga sekolah
Manfaat Internal (Lebih banyak dibanding manfaat eksternal) di sekolah Anda:
§  Penurunan kerja ulang
§  Penurunan dalam biaya jangka panjang
§  Perbaikan dalam pengedalian dan pengukuran proses
§  Perbaikan moral dan respon dari staff
§  Perbaikan tanggungjawab individu, bagian, dan sistem manajemen
§  Perbaikan kejelasan wewenang dan tanggungjawab
§  Peningkatan efisiensi penggunaan sumberdaya
Sistem manajemen sekolah Anda menjadi lebih baik dan berkembang, mengapa demikian? Karena sekolah Anda memiliki:
1.       Pedoman Mutu
PM (Pedoman Mutu) sebagai alat “Promosi Sekolah” yang berisikan tentang “Profil Sekolah” dan penjelasan tentang operasional penerapan SMM ISO9001:2008.

2.      Kebijakan Mutu
KM (Kebijakan Mutu) sebagai pedoman arah kebijakan jangka panjang sekolah Anda dalam hal perbaikan mutu sekolah secara berkelanjutan.

3.      Sasaran Mutu
SM (Sasaran Mutu) yang dimaksud dalam ISO adalah seperangkat pedoman organisasi yang digunakan untuk meraih target-target jangka pendek dan peningkatan sekolah.

4.      Prosedur Mutu / Prosedur Kerja
PM/PK (Prosedur Mutu/Prosedur Kerja) adalah seperangkat pedoman mutu dalam melaksanakan tugas-tugasnya di sekolah Anda menjadi terprosedur baku yang dipergunakan oleh seluruh departemen/devisi di sekolah Anda.



5.      Job Deskripsi / Tugas dan Tanggungjawab
JD (Job Description) adalah seperangkat pedoman standar pembagian tugas-tugas dan tanggungjawab yang jelas dan tidak ada tumpang tindih kewenangan dalam menjalankan proses-proses di seluruh departemen atau devisi di sekolah Anda.

6.      Standar Internal
SI (Standar Internal) adalah seperangkat pedoman standar yang berisikan persyaratan-persyaratan input yang akan menentukan output sehingga dijadikan standar dalam peningkatan kinerja sekolah Anda.

7.      Standardisasi Format, Pemakaian, dan Pengendalian Arsip
SF (Standardisasi Format) adalah seperangkat kumpulan rekaman penting (file, CD, Buku, Format, Dokumen_) sehingga benar-benar memudahkan penyimpanan dan pengambilan arsip yang tersimpan. Mengapa harus pengelolaan arsip wajib baik untuk sekolah Anda? jawabnya adalah kerena pengelolaan arsip yang baik mudah dilihat dan gampang diambil dan mudah dikembalikan pada tempatnya merupakan wujud kinerja dan menunjukkan tingkat profesionalisme di sekolah Anda.     



            
III. METODE LAYANAN PEMBINAAN KONSULTAN
MANAJEMEN SMM ISO9001:2008

              bagi sekolah Anda yang memastikan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, kami Prima Edukasi Manajemen Konsultan membagi menjadi 8 (delapan) tahapan program penting, dengan steps sebagai berikut:

STEP 1        PELATIHAN PEMAHAMAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal kunci dari masing-masing kegiatan atau bagian.
Adapun rencana program pada Step 1 ini adalah sebagai berikut:
§  Pelatihan Pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal kunci di sekolah Anda dalam perencanaan penerapan dan pemeliharaannya.
PELATIHAN:
Tujuan:
Memberikan pemahaman umum dan teknis kepada peserta mengenai peran sekolah Anda dalam meningkatkan kinerjanya dan memfokuskan pada kepuasan  pelanggan dengan menggunakan SMM ISO9001:2008.
Topik:
1.     Quality Awareness
2.    Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008
3.    Penerapan Sistem Manajemen Mutu
4.   Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu                                            
Waktu:
3 hari
 
PEMAHAMAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008


STEP 2        PERENCANAAN PENERAPAN ISO9001:2008
Pada Step 2 ini, memberikan panduan, bimbingan, dan petunjuk kepada TIM ISO di sekolah Anda dalam merancang tata waktu penerapan SMM ISO9001:2008 serta penyiapan rancang bangun dokumentasi dan penanggungjawab pengembangan SMM ISO9001:2008.
1.       Terwujudnya rencana waktu penerapan SMM ISO9001:2008 di sekolah Anda
2.         Terwujudnya rancang bangun dokumentasi SMM ISO9001:2008 dan matriks pertanggung jawaban SMM ISO9001:2008
 
Adapun target dari program ini adalah:


STEP 3        PENGEMBANGAN DOKUMEN SMM ISO9001:2008
Pada langkah Step 3 ini: konsultan memberikan pembinaan terhadap Tim Sukses ISO di sekolah Anda untuk membuat sistem dokumentasi yang disesuaikan klausul standar ISO9001:2008 yang terdiri dari: Kebijakan Mutu, Tujuan Mutu, Pedoman Mutu, Prosedur Kerja, dan Dokumen Pendukung Lainnya (dokumen terkait)
1.   Memperbaiki, membangun, dan mengembangkan sistem dokumen yang sesuai dengan proses kegiatan di sekolah Anda untuk memenuhi standar ISO9001:2008.
2.  Memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang telah dirancang oleh Tim Sukses dapat diterapkan secara efektif di sekolah Anda.
3.    Meninjau ulang (review) seluruh prosedur yang pernah dibuat.
 
Adapun target yang akan dicapai pada step 3 ini sebagai berikut:


STEP 4        PENGEMBANGAN, PENYELARASAN DAN BIMBINGAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Pada step 4 ini konsultan memberikan bimbingan dan motivasi atas pentingnya kepada semua warga sekolah bahwa Sistem Manajemen Mutu yang telah di buat dan disepakati oleh sekolah Anda merupakan kunci untuk menerapkan SMM ISO9001:2008, serta untuk menjaga konsistensi terhadap mutu yang dihasilkan.
1.   Memastikan bahwa seluruh persyaratan dalam SMM ISO9001:2008 telah dipenuhi dalam bentuk dokumen oleh tim sukses di sekolah Anda.
2.    Memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang di bangun oleh Tim Sukses sekolah Anda sudah dimengerti, dipahami, diterapkan, dan dipelihara oleh  semua personel kunci yang terkait.
 
Adapun target yang akan di raih pada sesi ini adalah:


STEP 5        PELATIHAN DAN PRAKTEK AUDIT MUTU INTERNAL
1.   Pelatihan Audit Mutu Internal / AMI (Internal Quality Audit Training) di sekolah Anda yang betujuan untuk menyiapkan personal sekolah Andan yang dipilih untuk menjadi Auditor Mutu Internal.
2.  Sebagai bukti bahwa Audit Mutu Internal / AMI telah dilaksanakan di sekolah Anda, yang merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi.
3.    Sekolah Anda melakukan perbaikan maupun modifikasi prosedur jika dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan Standar ISO9001:2008
 
Pada step 5 ini, konsultan bersama dengan Tim Sukses akan benar-benar memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu telah diterapkan oleh sekolah Anda dan telah memenuhi Standar ISO90012008.Adapun target yang akan diraih pada step 5 adalah;


PELATIHAN
Tujuan:
Training yang dilakukan di sekolah Anda pada sesi ini adalah akan memberikan pemahaman tentang prinsip dan teknik yang fokus pada Audit yang benar-benar efektif melalui workshop, studi kasus, diskusi, dan praktikal Audit.
Topik :
1.     Prinsip-prinsip Audit Mutu Internal
2.    Tanggungjawab dan wewenang auditor
3.    Proses audit dan pelaporan
4.    Studi kasus dan ujian
5.   Praktek Audit
Waktu :              
3 hari
 
AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)


STEP 6        PELAKSANAAN TINJAUAN MANAJEMEN
Pada langkah ke 6 ini Prima Edukasi Konsultan akan memberikan pendampingan dan memandu proses tinjuan manajemen untuk melihat aktifitas penerapan SMM ISO 9001:2008 di sekolah Anda.
1.       Pelaksanaan tinjuan manajemen pada seluruh devisi/bidang area oprasional di sekolah Anda, guna memastikan efektivitas penerapan SMM ISO9001;2008
2.      Meninjau kembali pada seluruh temuan Audit, feedback pelanggan, kinerja proses sekolah_
3.         Menjadikan hasil dari Tinjuan Manajemen sebagai input/masukakan yang sangat berarti bagi rencana kemajuan sekolah Anda
 
Aktivitas pada kegiatan ini harus mencapai target-target sebagai berikut:



STEP 7        PEMERIKSAAN KESIAPAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008 DAN PERSIAPAN PRE-AUDIT (PRE ASSESSMENT)
Pada langkah yang ke 7 ini pihak dari konsultant akan memeriksa secara komprehensif terkait dengan segala persiapan untuk penerapan SMM ISO9001:2008.
Target aktifitas pada langkah ke 7 ini adalah;


1.     Pelaksanaan Audit pada seluruh waka di sekolah Anda oleh konsultan yang bertujuan untuk memastikan kesiapan penerapan SMM ISO9001:2008.
2.    Melakukan review pada seluruh hasil temuan Audit.
3.       Melakukan tindakan koreksi/perbaikan atas seluruh temuan pada dokumen maupun penerapan SMM yang belum memenuhi standar ISO9001:2008 di sekolah Anda.
 
 





STEP 8        PERBAIKAN HASIL PER-AUDIT DAN PERSIAPAN FINAL AUDIT OLEH LEMBAGA EKSTERNAL AUDIT
Pada langkah yang ke 8 ini adalah yang sangat penting dimana sekolah Anda bersama-sama dengan konsultan melakukan perbaikan hasil temuan ketidaksesuaian dari hasil per-Audit ((Pre Assessment) oleh Lembaga Sertifikasi Internasional. Setelah semua atas ketidaksesuaian tersebut diperbaiki dan dikirim ke Lembaga Sertifikasi Internasional, selanjutnya Lembaga Sertifikasi akan segara melakukan Final Audit (Final Assessment) sebagai syarat Sertifikasi SMM ISO9001:2008 di sekolah Anda.

        















Tidak
 
Ya
 




Perbaikan
 


Tidak
 
Ya
 

Kunjungan Lanjutan
 
                                                                                             


































Audit Ulang
Sebagian
 


Perbaikan
Perbaikan
 
Tidak
 
Tidak
 
Minor
Major
 

III.  WAKTU & BIAYA

§  Target perencanaan waktu untuk menyelasaikan program Penerapan dan perolehan sertifikat ISO 9001:2008 di sekolah Anda selama 6-7 bulan (sesuai dengan 8 tahapan program yang direncanakan) dengan konsultan yang berpengalaman.
§  Program setting SMM di sekolah Anda direncanakan dimulai pada bulan Maret s/d bulan Septembar berdasarkan rencana jadwal kunjungan sebagai beriktu:
NO
PROGRAM ISO9001
KUNJUNGAN
JUMLAH HARI KERJA
I
II
III
IV
V
VI
VII
1.
F Pelatihan Pemahaman SMM ISO 9001:2008







3
2.
F Perencanaan Penerapan SMM ISO9001:2008







1
3.
F Pengembangan Dokumen SMM ISO9001:2008







10
4.
F Pengembangan Penyelarasan dan Bimbingan Penerapan SMM ISO9001:2008




10
5.
F Pelatihan dan Praktek Audit Mutu Internal







3
6.
F Pemeriksaan Persiapan Penerapan SMM ISO9001:2008 dan Persiapan Pre-Assessment







3
7.
F Pre-Assessment







-
8.
F Perbaikan Hasil Pre-Assessment dan Persiapan Final Assessment







2
9.
F Final Assessment







-
TOTAL HARI KONSULTAN
32

Catatan:
§  Rincian Jadual Kunjungan akan ditentukan dengan bersama oleh Para Pihak di sekolah Anda.
§  Jaringan internet bisa dipergunakan untuk efektifitas dan percepatan konsultasi.

Rincian Biaya Program Setting SMM ISO9001:2008 adalah sebagai berikut:
NO
SERVISE
COST
1.
Layanan konsultasi selama 6-7 bulan (setara dengan 32 hari kerja atau 224 jam kerja dengan konsultan) di sekolah Anda, mulai dari:
Biaya Konsultan & Setifikat ISO 9001:2008
40.000.000,-
2.
§  Pelatihan pemahaman ISO9001:2008 dan materi pelatihan (termasuk sertifikat peserta)
3.
§  Sosialisasi ISO 9001:2008 dan materi sosialisasi
4.
§  Perencanaan dan pengembangan seluruh dokumen untuk implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO (pembinaan selama 6-7 bulan)
5.
§  Pelatihan dan praktek audit Mutu Internal dan Materi Pelatihan Audit (termasuk sertifikat peserta)
6.
§  Pemeriksaan peserta menghadapi badan sertifikasi
7.
§  Perbaikan hasil sertifikasi sampai mendapat sertifikasi ISO 9001:2008

Catatan:
§  Biaya yang disepakati adalah biaya konsultan dan sampai pada Audit Eksternal atau Final Essessment oleh Lembaga Audit ISO internasional dan memperoleh sertifikat ISO 9001:2008
§  Akomudasi penginapan selama setting SMM ISO9001:2008 menjadi tanggungjawab sekolah Anda. (jika sekolah Anda berada di luar Daerah jangkauan konsultan)
§  Pajak dibebankan pada sekolah Anda
Sistem pembayaran secara bertahap sehingga meringankan sekolah Anda dengan rincian sebagai berikut:
Tahap
Besaran
Dibayarkan
I
§  50%
F Pada saat kontrak kerjasama ditandatangani
II
§  25%
F Bulan ke III
III
§  25%
F Bulan ke V
TOTAL
              100%
Apabila sekolah Anda menghendaki, maka sistem pembiayaan ini dapat di ubah sesuai dengan keinginan maupun kondisi sekolah Anda.




VI.            BEBERAPA KEUNTUNGAN MEMAKAI JASA PRIMA EDUCATION QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT

A.   Kami Prima Edukasi Manajemen Mutu Konsultan tidak sekedar menyesuaikan sistem manajemen sekolah dengan standar Internasional ISO 9001:2008, tetapi kami juga akan menyempurnakan Sistem Manajemennya
B.    Kami fokus pada nilai tambah sekolah Anda khususnya pada Sistem Manajemen Mutu yang benar-benar untuk Manajemen Mutu Pendidikan di sekolah Anda
C.   Kami berniat untuk memotong tingkat kemahalan biaya penerapan SMM ISO9001:2008 yang dilakukan oleh konsultan non pendidikan (Perusahaan)
D.   Kami fokus pada manajemen mutu pendidikan bukan manajemen mutu perusahaan yang dipaksakan untuk sekolah
E.    Kami memiliki network dan hubungan yang baik dengan lembaga Sertifikasi cabang Jakarta dan Surabaya, sehingga sekolah Anda memiliki banyak pilihan untuk Lembaga Sertifikasi ISO9001:2008
F.    Penawaran special PRIMA EDUKASI MANAJEMEN KONSULTAN : Pembinaan ISO 9001:2008 bisa dilakukan dengan kemitraan bersama yaitu; pembinaan terdiri dari beberapa sekolah dan melakukan kesepakatan bersama untuk diadakan pembinaan Sistem Manajemen Mutu dengan ISO 9001:2008. Sehingga bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan yang sama serta menghemat biaya.

SISTEM KEMITRAAN terdiri dari 3 sekolah yang menyelenggaran pembinaan SMM ISO 9001:2008 dengan rincian biaya 40.000.000,- yang diangkat oleh 3 lembaga dan biaya tersebut tidak termasuk biaya sertifikat ISO9001:2008. Jika sekolah mengendaki audit internal untuk sertifikasi ISO9001:2008 biaya ditanggung mandiri.












Demikian SMM ISO9001:2008 in Brieft yang kami ajukan, selanjutnya jika sekolah Anda atau secara kelompok sekolah berkeinginan sekali untuk mendapatkan informasi detail berkenaan dengan proposal ini, kami Prima Education Management Consultant  bersedia melakukan presentasi detail di sekolah atau tempat yang disepakati oleh Anda tanpa di pungut biaya.
INFORMASI
Untuk informasi selanjutnya, hubungi:
PURWADI, M.Pd
Konsultan ISO 9001:2008
MB: 085 735 935 737


HESTY PUSPITASARI, M.Pd
Direktur Utama Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 755 393 713
Alamat: JL. Raya Bancar No. 26 Prambon Kab. Nganjuk 64484

Acub Zainal H.Dahlan,
Asisten Instruktur Pelatih Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 790 391 932
Alamat: JL. PB. Sudirman Dingin RT. 01 RW. 08 Desa Ngronggot Kec. Ngronggot
Kab. Nganjuk








CONSULTANT CURRICULUM VITAE
Nama
:
Purwadi, M.Pd
Tanggal Lahir
:
Kediri, 16 Desember 1975
Agama
:
Islam
Pendidikan
:
Prog. Pascasarjana Universitas Islam Malang
Pelatihan
1
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
2
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
3
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
4
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
5
Penerimaan R-SMA BI Jakarta
Pengalaman Kerja
1
Ketua Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA AR-Risalah Lirboyo Kota Kediri (2009-2010)
2
Ketua perolehan sertifikasi ISO9001:2008 SMA Ar-Risalah Lirboyo Kota-Kediri (2009- sampai sekarang)
3
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
4
Instruktur pelatihan
§  Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)

CONSULTANT CURRICULUM VITAE
Nama
:
Hesty Puspita Sari, M.Pd
Tanggal Lahir
:
Nganjuk, 14 Maret 1982
Agama
:
Islam
Pendidikan
:
Prog. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
Pelatihan
1
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
2
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
3
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
4
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
Pengalaman Kerja
1
Dosen FKIP Universitas Islam Kadiri sampai sekarang
2
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
3
Instruktur pelatihan
§  Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
4
Direktur Prima Edukasi Manajemen Konsultan s/d sekarang

CONSULTANT CURRICULUM VITAE
Nama
:
Acub Zainal H.Dahlan,S.Pd.I
Tanggal Lahir
:
Ende Flores, 02 Agustus 1976
Agama
:
Islam
Pendidikan
:
Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam
Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

1
Pelatihan SMM ISO9001:2012 Surabaya
2
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2012 s/d sekarang)
Pengalaman Kerja

Asisten Instruktur pelatihan
Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2011 s/d sekarang)



BAB VII
PENGALAMAN PEMBINAAN
                                                                                   
1.     MAN Nglawak Kertosono Kab. Nganjuk Jawa Timur
2.    MTs N 2 Kota Kediri Nggrongo Jawa Timur
3.    R-SMA BI Ar-Risalah Kediri Jawa Timur
4.    ZERO COLLEGE Kota Nganjuk Jawa Timur
5.    YAYASAN SAHALA Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur
6. Dinas Pendidikan Kota Kediri


SEMOGA BERMANFAAT
AMIN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar