1. Apakah Organisasi ISO?
Organisasi Standar internasional
yang telah diakui lebih dari 175 negara dan berdiri pada tahun 1947 di Gneva,
swiss, yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan standar-standar
umum yang berlaku secara Internasional yang bertujuan untuk memajukan
pengembangan standarisasi dan aktivitas yang terkait di seluruh dunia dan
hasilnya berupa persetujuan internasional yang kemudian dipublikasikan sebagai
standar internasional.
2. Apakah ISO?
Perlu kita bahwa ISO bukanlah
akronim, ISO merupakan makna kecil (short form) organisasion Standar Internasional.
ISO diambil dari bahasa Yunani "ISOS" yang berarti "sama"
seperti Isoterm (suhu yang sama) Isometric (dimensi yang sama) & Isobar
(tekanan yang sama) pengunaan kata ISO untuk memudahkan penggunaannya.
3. Worldwide Total of ISO 9001:2008
Pengguna ISO lebih dari 175
Negara diseluruh dunia pada tahun 2003 s/d 2007 : dan top 10 countries yang
mengimplementasikan ISO 9001:2008 certificate China, Italy, Japan, Spain,
India, Jermany, USA, UK, France, Netherlands.
4. Apakah Stardar ISO 9001:2008?
Yang dimaksud dengan Standar
adalah persetujuan terdokumentasi yang berisi spesifikasi dan kriteria lainnya
dan kreteria lainnya untuk digunakan secara konsisten sebagai peraturan,
petunjuk atau definisi karakteristik untuk memastikan bahwa material dan produk
dalam hal ini produk yang dimaksud Jasa layanan Pendidikan, proses dan layanan
sesuai dengan tujuannya. Saya contohkan kartu kredit, kartu telephone, dan
kartu lainnya sesuai standar internasional yang ditetapkan ISO dengan ketebalan
optimal 0,76 mm sehingga dapat digunakan diseluruh dunia.
5. Apa Fokus ISO 9001:2008?
Fokus ISO adalah Persyaratan
minimal untuk menerapkan sistem manajemen mutu, merupakan standar sistem
manajemen mutu atau standar percepatan layanan bukan standar Produk, sebagai
acuan untuk meninjau keefektifan sistem manajemen mutu, bertujuan untuk
memenuhi persyaratan pelanggan, dan dapat diterapkan untuk internal sekolah, organisasi,
lembaga, kelompok untuk memperoleh sertifikasi atau tujuan kontrak.
6. Apa Terminologi dan Definisi ISO 9001:2008 pada dunia Pendidikan?
ISO 9001:2008 : Supplier (Pelanggan) - Organisasi (Dinas Pendidikan Kota Kediri)
- Pelanggan (UPTD
dan mayarakat) dan fokus ISO 9001 adalah pada "Kepuasan
Pelanggan"
jadi produk bukan hanya barang tapi juga dapat berarti JASA Layanan Mutu. Untuk
itu ISO 9001:2008 diakui serta dijadikan standar prasyarat minimal menuju
standar mutu layanan yang efektif dan efisien di Organisasi/ lembaga.
7. Alasan Dasar Menerapkan SMM ISO 9001:2008?
Membantu organisasi, lembaga,
kelompok... dalam meningkatkan mutu layanan yang fokus pada kepuasan pelanggan,
mengajak organisasi lembaga, kelompok.... menganalisis persyaratan pelanggan
menetapkan proses yang memberi sumbangan bagi pencapaian produk dan jasa
layanan mutu yang di terima oleh pelanggan dan menjaga proses-proses ini
terkendali, memberi keyakinan pada organisasi, lembaga, kelompok... dan
pelanggannya bahwa sistem mampu memberikan produk dan jasa mutu layanan yang
konsisten memenuhi persyaratan, memberikan kerangka kerja bagi perbaikan
berkelanjutan dan meningkatkan kepuasan pelanggan serta pihak berkepentingan
lainnya.
8. Mengapa Menerapkan ISO 9001:2008 di Dinas Pendidikan Kota Kediri?
Penerapan ISO pada Organisasi/ Lembaga adalah Upaya sadar untuk memberdayakan Organisasi/ Lembaga melalui aspek mutu jasa layanan mutu dan kepuasan
pelanggan. ISO 9001:2008 adalah
satu-satunya Standar Sistem Manajemen Mutu yang diakui secara Internasional dan
bersifat global.
9. Melihat Kondisi Organisasi/ lembaga pada umumnya.
A.
Tidak
Memiliki Komitmen Management.
B.
Tidak
Fokus Pada Pelanggan.
C.
Tidak
Memiliki Kebijakkan Mutu.
D.
Tidak
Memiliki Perencanaan.
E.
Tidak
Memiliki Sasaran Mutu pada tiap-tiap unit kerja.
F.
Tidak
Memiliki Tanggung Jawab dan wewenang yang jelas.
G.
Tidak
Memiliki Komunikasi Internal Yang Baik.
H.
Tidak
Melakukan Rapat Tinjauan Management.
I.
Tidak
Memiliki Desain Pengembangan.
J.
Tidak
Memiliki Tindakkan Perbaikan.
K.
Tidak
Memiliki Tindakkan Pencegahan.
Jika kondisi Organisasi/ Lembaga seperti ini sudah dapat
dipastikan akan sulit berkembang apalagi untuk mendapatkan nilai tambahnya.
10. Bayangkan Jika Kondisi Organisasi/ lembaga Seperti Berikut ini:
A.
Tidak
ada instruksi kerja atau informasi tertulis
B.
Instruksi
kerja tidak di taati
C.
Tidak
ada bukti atau dokumen alias hilang dan tidak terkendali
D.
Rekaman
sulit ditemukan
E.
Dokumen-dokumen
tidak terkontrol
F.
Melakukan
perubahan yang bukan wewenangnya
G.
Penataan
didalam dan luar sekolah kurang baik
H.
Meletakkan
barang tidak pada tempatnya
I.
Status
barang tidak jelas
J.
Komplain
pelanggan tidak ditanggani sampai tuntas
Organisasi/ lembaga dengan kondisi seperti ini adalah
mempercepat untuk tidak tumbuh, bahkan cepat atau lambat akan tergilas dengan
waktu. Mengapa demikian? Harapan-harapan masyarakat pada mutu layanan
pendidikan akan terus meningkat dan semakin tinggi, jika Organisasi/ lembaga
tidaklagi mampu memberikan niai lebih yaa rest in piece saja.
11. Apa Keuntungan Menerapkan ISO 9001:2008?
A.
Adanya
jaminan organisasi/ lembaga untuk menerapkan SMM yang dihasilkan sesuai dengan keinginan
dan harapan-harapan masyarakat.
B.
Setiap
unit kerja mempunyai kejelasan tugas & tanggung jawab. Jadi dipastikan
tidak akan terjadi tumpang tindih kewenangan dalam menjalankan manajemen proses
perencanaan Organisasi/ lembaga.
C.
Terwujudnya
ketepatan dan percepatan mutu layanan disemua unit.
12. Keluarga ISO 9000:2008:
A. Perubahan yang signifikan dari versi 1994 ke versi 2000
adalah Polanya yaitu : plan
- do – check - action (PDCA)
B.
Pendekatan
Proses
C.
Penekanan
pada kepuasan pelanggan
D.
Peningkatan
berkesinambungan
E. Penekanan
peran & tanggung jawab manajemen puncak (Top Management) terhadap SMM
Organisasi/ lembaga.
13. Standar ISO 9001:2008
Dikembangkan dengan pola
Pendekatan Proses (Process Approach) yaitu :
“Suatu sistematika
identifikasi dan pengaturan proses dan interaksi antar proses tersebut.” Penekanan
Tujuan pada : Pencapaian Kepuasan Pelanggan Peningkatan Berkelanjutan
(Continual Improvement)
14. Apa Manfaat Penerapan SMM ISO 9001:2008?
Nilai tambah Organisasi/ lembaga
dengan menerapkan SMM ISO9001:2008 adalah adanya konsistensi dalam pelaksanaan aktifitas-aktivitas
di Organisasi/ lembaga dengan kemampuan tindak telusur dan pemastian mutu, adanya
aspek pengendalian dan pencegahan, karena sistem :
a.
Menetapkan
secara jelas tanggung jawab dan wewenang dari personal kunci.
b.
Mendokumentasikan
prosedur.
c.
Adanya
sistem kontrol yang tersistem (Formulir Kerja) dengan Internal Audit dan
Ekternal audit manajemen. Sehingga
sekolah, lembaga, organisasi, kelompok ... akan
15. Gunakan Prinsip “SMART” untuk mengukur Sasaran serta Target Mutu Organisasi/ lembaga:
S : Spesifik (
bukan bersifat umum )
M :
Measurable ( dapat diukur )
A
: Achievable ( dapat dicapai )
R
: Realistic ( berorientasi pada proses)
T
: Time Frame ( jelas
kerangka waktu pelaksanaanya )
Disarankan hindari cara berfikir yang ekstrim untuk pengembangan Organisasi/ lembaga,
misalnya Organisasi/ lembaga
sangat kepingin sekali membuat ruang khusus yang disebut Space Room (ruang luar
angkasa) , jika keinginan tersebut tidak realistis (anggarannya) dan tidak mungkin
dicapai, maka Organisi/ lembaga
tidak perlu untuk memaksakan diri. Jadi
susunlah dan ciptakan sasaran mutu Organisasi/ lembaga yang SMART dengan cara sharing dengan
semua .
17. 6 Prosedur yang Dipersyaratkan oleh SMM ISO 9001:2008;
A.
Prosedur
pengendalian dokumen. (4.2.3)
B.
Prosedur
pengendalian rekaman (4.2.4)
C.
Prosedur
Audit Internal.(8.2.2)
D.
Pengendalian
produk tidak sesuai ( 8.3)
E.
Prosedur
Tindakan Koreksi (8.5.2)
F.
Prosedur
Tindakan Pencegahan (8.5.3)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar