PROPOSAL UNTUK INSTANSI



I.         PENDAHULUAN

          Mutu merupakan kata kunci dalam Era Globalisasi yang ditandai begitu banyaknya persaingan yang ketat pada saat ini. Keberhasilan dalam upaya untuk menjadi pemenang dalam kompetisi khususnya dalam dunia Pelayanan kepada Costumer sangat ditentukan oleh kemampuan Organisasi/ lembaga Anda dalam mengelola dan meningkatkan sumberdaya yang di miliki dalam memberikan layanan yang benar-benar prima. Organisasi/ lembaga Anda dalam hal ini harus benar-benar menyadari bahwa dalam proses memenuhi Standar Pelayanan dan memenuhi harapan masyarakat, maka harus menunjukkan nilai tambahnya dalam memenuhi harapan mewah dari masyarakat tersebut.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 di Organisasi/ lembaga merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Karena SMM ISO 9001:2008 memfokuskan pada peningkatan mutu layanan dari semua sektor/ bagian yang ada di Organisasi/ lembaga Anda. Dalam upaya meningkatkan gairah mutu layanan, SMM ISO digunakan untuk meningkatkan kompetensi.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 akan dapat memberikan nilai tambah. Apa yang dimaksud dengan Nilai Tambah? Yaitu Organisasi/ lembaga Anda akan bertambah baik Sistem Administrasinya pada semua bagian, bertambah menjadi segalanya dan menjadi terpenuhi. Jika Organisasi/ lembaga Anda di pastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 akan memiliki keunggulan pada Sistem Administrasi pada semua bagian di Organisasi/ lembaga Anda, ini bisa terjadi karena pada SMM ISO Organisasi/ lembaga wajib untuk mengendalikan kearsipan, dan Organisasi/ lembaga Anda akan memiliki prosedur kerja yang operasional dan terukur (dapat dilaksanakan), sehingga tidak terjadi tumpang tindih kewenangan dan kewajiban di Organisasi/ lembaga Anda, Organisasi/ lembaga Anda dipastikan memiliki acuan baku yang telah ditetapkan oleh Top Manajemen (Direktur/ Kepala) di Organisasi/ lembaga, dan kemudian diterapkan oleh semuan komponen Organisasi/ lembaga, sehingga Organisasi/ lembaga Anda akan dipastikan memiliki kinerja yang terukur dan terencana dengan jelas bahwa apapun yang dikerjakan pasti jelas hasilnya, kemudian dilakukan tinjauan menajemen oleh Top Manajemen di Organisasi/ lembaga Anda secara berkala sebagai dasar untuk perbaikan berkelanjutan. Organisasi/ lembaga Anda yang dipastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 dalam mengambil keputusan apapun untuk meningkatkan kualitas mutu layanan di Organisasi/ lembaga Anda wajib mengikut sertakan seluruh komponen  yang tentunya untuk mencapai cita-cita dan tujuan mewah di Organisasi/ lembaga Anda baik jangka panjang, menengah, dan pendek. Kemudian secara rutin melakukan Audit Internal untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang sudah di buat sesuai dengan kategori Organisasi/ lembaga Anda benar-benar sudah berjalan sesuai dengan jalurnya yaitu sesuai dengan klausul yang dipersyaratkan dengan standar-standar Internasional.
Untuk Organisasi/ lembaga Anda yang dipastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008, setelah mendapatkan keunggulan secara Internal, juga mendapatkan keungtungan Eksternal. Apa manfaat Eksternal bagi Organisasi/ lembaga Anda? yang pasti menerapkan ISO 9001:2008? Yaitu memberikan peningkatan kepercayaan mutu layanan kepada masyarakat luas yang benar-benar Berstandar Internasional, karena Organisasi/ lembaga Anda di Audit oleh Lembaga Sertifikasi Mutu Internasional yang dilakukan oleh Negara-negara OECD (kelompok Ngera berekonomi maju) yang diberi kewenangan untuk megeluarkan Sertifikat Mutu Internasional, kemudian Organisasi/ lembaga Anda terdaftar dan diakui sebagai Organisasi/ lembaga yang bersertifikat ISO, sehingga Organisasi/ lembaga Anda akan memiliki standar yang sama dengan Organisasi/ lembaga lainnya yang telah maju di Indonesia yang sudah berlebel ISO. 
Oleh karena itu, ada hal yang sangat-sangat penting dan dipahami pada Organisasi/ lembaga Anda, bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai persyaratan kepuasan layanan pada pelanggan di Organisasi/ lembaga Anda, namun juga untuk kepentingnan Organisasi/ lembaga Anda sendiri untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih terhadap produk yang sama dibanding dengan lembaga-lembaga lain. Ketika Organisasi/ lembaga Anda sudah mendapatkan pengakuan formal dengan menyandang gelar Organisasi/ lembaga Bersertifikat Internasional ISO9001:2008 wajib dan harus menjaga konsistensi mutu. Bagaimana cara menjaga konsistensi mutu? Untuk Organisasi/ lembaga Anda yang mengimplementasikan dan mendapat kepercayaan Internasional (bersertifikat ISO) harus memiliki prinsip “WIN-WIN” jika Organisasi/ lembaga Anda sudah dikenal sebagai Jagonya Mutu Layanan diwajibkan memiliki jadwal untuk memberikan pembinaan kepada lembaga-lembaga lain, dan ketika sistem manajemen mutu yang Organisasi/ lembaga Anda miliki nantinya benar-benar bisa diterapkan oleh lembaga lain dengan sedikit modifikasi lalu lembaga lain menjadi sukses seperti Organisasi/ lembaga Anda maka Organisasi/ lembaga Anda sudah memberikan kemenangan pada lembaga lain. Saat itulah Organisasi/ lembaga Anda telah menemukan Jalan Kekuatanya dengan ISO9001:2008.

Apakah bisa Organisasi/ lembaga Anda menjadi Jagonya Mutu? Jawabnya pasti bisa, jika syarat atau klausul menuju Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008  Organisasi/ lembaga Anda dengan berjuang keras serta pembinaan dengan konsultan yang prima sebagaimana yang telah dilakukan di lembaga-lembaga lain yang sudah berhasil dengan ISO 9001:2008.
Persyaratan-persyaratn ISO9001:2008 sebagai berikut (Klausul 4.1-8.5.3):
PERSYARATAN-PERSYARATAN
KLAUSUL
Ruang Lingkup
Umum
Aplikasi
F   1
F   1.1
F   1.2
Acuan Normatif
F   2
Tujuan dan Definisi
F   3
SISTEM MANAJEMEN MUTU
F   4
Persyaratan Umum
F   4.1
Persyaratan Dokumen
Umum
Pedoman/Manual Mutu
Pengendalian Dokumen
Pengendalian Rekaman/Catatan Mutu
F 4.2
F 4.2.1
F 4.2.2
F 4.2.3
F 4.2.4
TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN
F 5
Komitmen Manajemen
Fokus pada Pelanggan Sekolah
Kebijakan Mutu Organisasi/ lembaga
F 5.1
F 5.2
F 5.3
Perencanaan
Tujuan Mutu Organisasi/ lembaga
Perencanaan Sistem Manajemen Mutu Organisasi/ lembaga
F 5.4
F 5.4.1
F 5.4.2
Tanggung Jawab, Wewenang, dan Komunikasi
Tanggung Jawad dan Wewenang
Wakil Manajemen
Komunikasi Internal antar Waka & Kordinator
F 5.5
F 5.5.1
F 5.5.2
F 5.5.3
Tinjauan Manajemen Mutu Organisasi/ lembaga
Umum
Input Tinjauan
Output Tinjauan
F 5.6
F 5.6.1
F 5.6.2
F 5.6.3
MANAJEMEN SUMBERDAYA
F 6
Penyediaan Sumberdaya
F 6.1
Sumberdaya Manusia
Umum
Kemampuan, Kesadaran, dan Pelatihan
F 6.2
F 6.2.1
F 6.2.2
Prasarana
F 6.3
Lingkungan Kerja
F 6.4
REALISASI HASIL Organisasi/ lembaga
F 7
Perencanaan Realisasi Hasil Organisasi/ lembaga
F 7.1
Proses yang Berkaitan dengan Pelanggan Organisasi/ lembaga
Penentuan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Organisasi/ lembaga
Tinjauan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Organisasi/ lembaga
Komunikasi dengan Pelanggan
F 7.2

F 7.2.1
F 7.2.2
F 7.2.3
Disain dan Pengembangan
Perencanaan Disain dan Pengembangan
Input Disain dan Pengembangan
Output Disain dan Pengembangan
F 7.3
F 7.3.1
F 7.3.2
F 7.3.3
Tinjauan Disain dan Pengembangan
Verifikasi disain dan Pengembangan 
Validasi Disain dan Pengembangan             
Pengendalian Perubahan Disain dan Pengembangan                                
F  7.3.4
F  7.3.5
F  7.3.6
F  7.3.7
Pembelian
Proses Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa Sekolah
Informasi Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa
Verifikasi Produk (barang & Jasa) yang Dibeli                                
F  7.4
F  7.4.1
F  7.4.2
F  7.4.3
Penyediaan Produksi dan Jasa
Pengendalian Penyediaan Barang dan Jasa
Validasi Proses untuk Penyediaan Barang dan Jasa
Identifikasi dan Mampu Telusur
Kepemilikan Pelanggan
Tindak telusur lulusan
F  7.5
F  7.5.1
F  7.5.2
F  7.5.3
F  7.5.4
F  7.5.5
Pengendalian Peralatan Monitoring dan Pengukuran
F  7.6
PENGUKURAN, ANALISA, DAN PERBAIKAN
F  8
Umum
F  8.1
Monitoring dan Pengukuran
Kepuasan Pelanggan
Internal Audit
Monitoring dan Pengukuran Proses
Monitoring dan Pengukuran Hasil Organisasi/ lembaga
F  8.2
F  8.2.1
F  8.2.2
F  8.2.3
F  8.2.4
Pengendalian Hasil Tidak Sesuai
F  8.3
Analisa Data
F  8.4
Perbaikan
Perbaikan Berkelanjutan
Tindakan Koreksi
Tindakan Pencegahan
F  8.5
F  8.5.1
F  8.5.2
F  8.5.3

Apabila SMM ISO9001:2008 ini diterapkan pada Organisasi/ lembaga Anda secara benar dan konsisten, maka dapat dipastikan terjadi magic pada Organisasi/ lembaga Anda yaitu adanya peningkatan kinerja dan kepuasan pelanggan. Jika Organisasi/ lembaga Anda pahami bahwa dalam proses meraih SMM ISO mengutamakan pengendalian proses sejak awal, sehingga seluruh proses kerja menjadi titik-titik kritis dan penting yang menentukan keberhasilan Organisasi/ lembaga Anda dalam meningkatkan dan menumbuhkan mutu percepatan mutu layanan dan mutu proses untuk menghasilkan cita-cita dan tujuan mewah Organisasi/ lembaga Anda.

II.           MANFAAT PENERAPAN SMM ISO 9001:2008
Dipastikan Organisasi/ lembaga Anda yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 secara konsisten dan berkelanjutan, maka Organisasi/ lembaga Anda sudah dipastikan mendapatkan nilai tambah yang sangat besar, sebagai berikut
Manfaat External pada Organisasi/ lembaga Anda:
F    Meningkatkan hubungan positif dengan seluruh komponen Organisasi/ lembaga
F    Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
F    Lebih competitive dibandingkan dengan Organisasi/ lembaga lain atas produk yang sama
F    Peningkatan kepuasan seluruh komponen Organisasi/ lembaga Anda
F    Perbaikan dalam penanganan komplain dan keluhan ditangani secara cepat dan tepat.
Manfaat Internal (Lebih banyak dibanding manfaat eksternal) di sekolah Anda:
§  Penurunan kerja ulang
§  Penurunan dalam biaya jangka panjang
§  Perbaikan dalam pengedalian dan pengukuran proses
§  Perbaikan moral dan respon dari staff
§  Perbaikan tanggungjawab individu, bagian, dan sistem manajemen
§  Perbaikan kejelasan wewenang dan tanggungjawab
§  Peningkatan efisiensi penggunaan sumberdaya
Sistem manajemen Organisasi/ lembaga Anda menjadi lebih baik dan berkembang, mengapa demikian? Karena Organisasi/ lembaga Anda memiliki:
1.   Pedoman Mutu
PM (Pedoman Mutu) sebagai alat “Promosi Organisasi/ lembaga” yang berisikan tentang “Profil Organisasi/ lembaga” dan penjelasan tentang operasional penerapan SMM ISO9001:2008.
2.  Kebijakan Mutu
KM (Kebijakan Mutu) sebagai pedoman arah kebijakan jangka panjang Organisasi/ lembaga Anda dalam hal perbaikan mutu Organisasi/ lembaga secara berkelanjutan.
3.  Sasaran Mutu
SM (Sasaran Mutu) yang dimaksud dalam ISO adalah seperangkat pedoman organisasi yang digunakan untuk meraih target-target jangka pendek dan peningkatan Organisasi/ lembaga.
4.  Prosedur Mutu / Prosedur Kerja
PM/PK (Prosedur Mutu/Prosedur Kerja) adalah seperangkat pedoman mutu dalam melaksanakan tugas-tugasnya di Organisasi/ lembaga Anda menjadi terprosedur baku yang dipergunakan oleh seluruh departemen/devisi di Organisasi/ lembaga Anda.
5.  Job Deskripsi / Tugas dan Tanggungjawab
JD (Job Description) adalah seperangkat pedoman standar pembagian tugas-tugas dan tanggungjawab yang jelas dan tidak ada tumpang tindih kewenangan dalam menjalankan proses-proses di seluruh departemen atau devisi di Organisasi/ lembaga Anda.
6.  Standar Internal
SI (Standar Internal) adalah seperangkat pedoman standar yang berisikan persyaratan-persyaratan input yang akan menentukan output sehingga dijadikan standar dalam peningkatan kinerja Organisasi/ lembaga Anda.
7.  Standardisasi Format, Pemakaian, dan Pengendalian Arsip
Organisasi/ lembaga SF (Standardisasi Format) adalah seperangkat kumpulan rekaman penting (file, CD, Buku, Format, Dokumen_) sehingga benar-benar memudahkan penyimpanan dan pengambilan arsip yang tersimpan. Mengapa harus pengelolaan arsip wajib baik untuk Organisasi/ lembaga Anda? jawabnya adalah kerena pengelolaan arsip yang baik mudah dilihat dan gampang diambil dan mudah dikembalikan pada tempatnya merupakan wujud kinerja dan menunjukkan tingkat profesionalisme di Organisasi/ lembaga Anda.     
III. METODE LAYANAN PEMBINAAN KONSULTAN
MANAJEMEN SMM ISO9001:2008

              bagi Organisasi/ lembaga Anda yang memastikan untuk meningkatkan mutu layanan, kami Prima Edukasi Manajemen Konsultan membagi menjadi 8 (delapan) tahapan program penting, dengan steps sebagai berikut:
STEP 1        PELATIHAN PEMAHAMAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal kunci dari masing-masing kegiatan atau bagian.
Adapun rencana program pada Step 1 ini adalah sebagai berikut:
F Pelatihan Pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal kunci di Organisasi/ lembaga Anda dalam perencanaan penerapan dan pemeliharaannya.
PELATIHAN:
Tujuan:
Memberikan pemahaman umum dan teknis kepada peserta mengenai peran Organisasi/ lembaga Anda dalam meningkatkan kinerjanya dan memfokuskan pada kepuasan  pelanggan dengan menggunakan SMM ISO9001:2008.
Topik:
1.     Quality Awareness
2.    Persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008
3.    Penerapan Sistem Manajemen Mutu
4.   Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu                                            
Waktu:
3 hari
 
PEMAHAMAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008

STEP 2        PERENCANAAN PENERAPAN ISO9001:2008
Pada Step 2 ini, memberikan panduan, bimbingan, dan petunjuk kepada TIM ISO di Organisasi/ lembaga Anda dalam merancang tata waktu penerapan SMM ISO9001:2008 serta penyiapan rancang bangun dokumentasi dan penanggungjawab pengembangan SMM ISO9001:2008.
1.       Terwujudnya rencana waktu penerapan SMM ISO9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda
2.         Terwujudnya rancang bangun dokumentasi SMM ISO9001:2008 dan matriks pertanggung jawaban SMM ISO9001:2008
 
Adapun target dari program ini adalah:


STEP 3        PENGEMBANGAN DOKUMEN SMM ISO9001:2008
Pada langkah Step 3 ini: konsultan memberikan pembinaan terhadap Tim Sukses ISO di Organisasi/ lembaga Anda untuk membuat sistem dokumentasi yang disesuaikan klausul standar ISO9001:2008 yang terdiri dari: Kebijakan Mutu, Tujuan Mutu, Pedoman Mutu, Prosedur Kerja, dan Dokumen Pendukung Lainnya (dokumen terkait)
1.   Memperbaiki, membangun, dan mengembangkan sistem dokumen yang sesuai dengan proses kegiatan di Organisasi/ lembaga Anda untuk memenuhi standar ISO9001:2008.
2.  Memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang telah dirancang oleh Tim Sukses dapat diterapkan secara efektif di Organisasi/ lembaga Anda.
3.    Meninjau ulang (review) seluruh prosedur yang pernah dibuat.
 
Adapun target yang akan dicapai pada step 3 ini sebagai berikut:


STEP 4        PENGEMBANGAN, PENYELARASAN DAN BIMBINGAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Pada step 4 ini konsultan memberikan bimbingan dan motivasi atas pentingnya kepada semua komponen Organisasi/ lembaga bahwa Sistem Manajemen Mutu yang telah di buat dan disepakati oleh Organisasi/ lembaga Anda merupakan kunci untuk menerapkan SMM ISO9001:2008, serta untuk menjaga konsistensi terhadap mutu yang dihasilkan.
1.   Memastikan bahwa seluruh persyaratan dalam SMM ISO9001:2008 telah dipenuhi dalam bentuk dokumen oleh tim sukses di sekolah Anda.
2.    Memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu yang di bangun oleh Tim Sukses sekolah Anda sudah dimengerti, dipahami, diterapkan, dan dipelihara oleh  semua personel kunci yang terkait.
 
Adapun target yang akan di raih pada sesi ini adalah:

STEP 5        PELATIHAN DAN PRAKTEK AUDIT MUTU INTERNAL
Pada step 5 ini, konsultan bersama dengan Tim Sukses akan benar-benar memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu telah diterapkan oleh Organisasi/ lembaga Anda dan telah memenuhi Standar ISO90012008.

Adapun target yang akan diraih pada step 5 adalah;


1.   Pelatihan Audit Mutu Internal / AMI (Internal Quality Audit Training) di Organisasi/ lembaga Anda yang betujuan untuk menyiapkan personal Organisasi/ lembaga Anda yang dipilih untuk menjadi Auditor Mutu Internal.
2.  Sebagai bukti bahwa Audit Mutu Internal / AMI telah dilaksanakan di Organisasi/ lembaga Anda, yang merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi.
3.    Organisasi/ lembaga Anda melakukan perbaikan maupun modifikasi prosedur jika dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan Standar ISO9001:2008
 
 

PELATIHAN
Tujuan:
Training yang dilakukan di Organisasi/ lembaga Anda pada sesi ini adalah akan memberikan pemahaman tentang prinsip dan teknik yang fokus pada Audit yang benar-benar efektif melalui workshop, studi kasus, diskusi, dan praktikal Audit.
Topik :
1.     Prinsip-prinsip Audit Mutu Internal
2.    Tanggungjawab dan wewenang auditor
3.    Proses audit dan pelaporan
4.    Studi kasus dan ujian
5.   Praktek Audit
Waktu :              
3 hari
 
AUDIT MUTU INTERNAL (AMI)

STEP 6        PELAKSANAAN TINJAUAN MANAJEMEN
Pada langkah ke 6 ini Prima Edukasi Konsultan akan memberikan pendampingan dan memandu proses tinjuan manajemen untuk melihat aktifitas penerapan SMM ISO 9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda.
1.       Pelaksanaan tinjuan manajemen pada seluruh devisi/bidang area oprasional di Organisasi/ lembaga Anda, guna memastikan efektivitas penerapan SMM ISO9001;2008
2.      Meninjau kembali pada seluruh temuan Audit, feedback pelanggan, kinerja proses sekolah_
3.         Menjadikan hasil dari Tinjuan Manajemen sebagai input/masukakan yang sangat berarti bagi rencana kemajuan Organisasi/ lembaga Anda
 
Aktivitas pada kegiatan ini harus mencapai target-target sebagai berikut:

STEP 7        PEMERIKSAAN KESIAPAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008 DAN PERSIAPAN PRE-AUDIT (PRE ASSESSMENT)
Pada langkah yang ke 7 ini pihak dari konsultant akan memeriksa secara komprehensif terkait dengan segala persiapan untuk penerapan SMM ISO9001:2008.
Target aktifitas pada langkah ke 7 ini adalah;


1.     Pelaksanaan Audit pada seluruh waka di Organisasi/ lembaga Anda oleh konsultan yang bertujuan untuk memastikan kesiapan penerapan SMM ISO9001:2008.
2.    Melakukan review pada seluruh hasil temuan Audit.
3.       Melakukan tindakan koreksi/perbaikan atas seluruh temuan pada dokumen maupun penerapan SMM yang belum memenuhi standar ISO9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda.
 



STEP 8        PERBAIKAN HASIL PER-AUDIT DAN PERSIAPAN FINAL AUDIT OLEH LEMBAGA EKSTERNAL AUDIT
Pada langkah yang ke 8 ini adalah yang sangat penting dimana Organisasi/ lembaga Anda bersama-sama dengan konsultan melakukan perbaikan hasil temuan ketidaksesuaian dari hasil per-Audit ((Pre Assessment) oleh Lembaga Sertifikasi Internasional. Setelah semua atas ketidaksesuaian tersebut diperbaiki dan dikirim ke Lembaga Sertifikasi Internasional, selanjutnya Lembaga Sertifikasi akan segara melakukan Final Audit (Final Assessment) sebagai syarat Sertifikasi SMM ISO9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda.


IV.           WAKTU & BIAYA

§  Target perencanaan waktu untuk menyelasaikan program Penerapan dan perolehan sertifikat ISO 9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda selama 6-7 bulan (sesuai dengan 8 tahapan program yang direncanakan) dengan konsultan yang berpengalaman.
§  Program setting SMM di Organisasi/ lembaga Anda direncanakan dimulai pada bulan Maret s/d bulan Septembar berdasarkan rencana jadwal kunjungan sebagai beriktu:
NO
PROGRAM ISO9001
KUNJUNGAN
JUMLAH HARI KERJA
I
II
III
IV
V
VI
VII
1.
F Pelatihan Pemahaman SMM ISO 9001:2008







3
2.
F Perencanaan Penerapan SMM ISO9001:2008







1
3.
F Pengembangan Dokumen SMM ISO9001:2008







10
4.
F Pengembangan Penyelarasan dan Bimbingan Penerapan SMM ISO9001:2008




10
5.
F Pelatihan dan Praktek Audit Mutu Internal







3
6.
F Pemeriksaan Persiapan Penerapan SMM ISO9001:2008 dan Persiapan Pre-Assessment







3
7.
F Pre-Assessment







-
8.
F Perbaikan Hasil Pre-Assessment dan Persiapan Final Assessment







2
9.
F Final Assessment







-
TOTAL HARI KONSULTAN
32

Catatan:
§  Rincian Jadual Kunjungan akan ditentukan dengan bersama oleh Para Pihak di Organisasi/ lembaga Anda.
§  Jaringan internet bisa dipergunakan untuk efektifitas dan percepatan konsultasi.

Rincian Biaya Program Setting SMM ISO9001:2008 adalah sebagai berikut:
NO
SERVISE
COST
1.
Layanan konsultasi selama 6-7 bulan (setara dengan 32 hari kerja atau 224 jam kerja dengan konsultan) di sekolah Anda, mulai dari:
Biaya Konsultan & Setifikat ISO 9001:2008
50.000.000,-
2.
§  Pelatihan pemahaman ISO9001:2008 dan materi pelatihan (termasuk sertifikat peserta)
3.
§  Sosialisasi ISO 9001:2008 dan materi sosialisasi
4.
§  Perencanaan dan pengembangan seluruh dokumen untuk implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO (pembinaan selama 6-7 bulan)
5.
§  Pelatihan dan praktek audit Mutu Internal dan Materi Pelatihan Audit (termasuk sertifikat peserta)
6.
§  Pemeriksaan peserta menghadapi badan sertifikasi
7.
§  Perbaikan hasil sertifikasi sampai mendapat sertifikasi ISO 9001:2008

Catatan:
§  Biaya yang disepakati adalah biaya konsultan dan sampai pada Audit Eksternal atau Final Essessment oleh Lembaga Audit ISO internasional dan memperoleh sertifikat ISO 9001:2008
§  Akomudasi penginapan selama setting SMM ISO9001:2008 menjadi tanggungjawab Organisasi/ lembaga Anda. (jika Organisasi/ lembaga Anda berada di luar Daerah jangkauan konsultan)
§  Pajak dibebankan pada Organisasi/ lembaga Anda
Sistem pembayaran secara bertahap sehingga meringankan Organisasi/ lembaga Anda dengan rincian sebagai berikut:
Tahap
Besaran
Dibayarkan
I
§  50%
F Pada saat kontrak kerjasama ditandatangani
II
§  25%
F Bulan ke III
III
§  25%
F Bulan ke V
TOTAL
              100%
Apabila Organisasi/ lembaga Anda menghendaki, maka sistem pembiayaan ini dapat di ubah sesuai dengan keinginan maupun kondisi sekolah Anda.





V.            BEBERAPA KEUNTUNGAN MEMAKAI JASA PRIMA EDUCATION QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT

A.   Kami Prima Edukasi Manajemen Mutu Konsultan tidak sekedar menyesuaikan sistem manajemen Organisasi/ lembaga dengan standar Internasional ISO 9001:2008, tetapi kami juga akan menyempurnakan Sistem Manajemennya
B.    Kami fokus pada nilai tambah Organisasi/ lembaga Anda khususnya pada Sistem Manajemen Mutu yang benar-benar untuk Manajemen Mutu
C.   Kami berniat untuk memotong tingkat kemahalan biaya penerapan SMM ISO9001:2008
D.   Kami memiliki network dan hubungan yang baik dengan lembaga Sertifikasi cabang Jakarta dan Surabaya, sehingga Organisasi/ lembaga Anda memiliki banyak pilihan untuk Lembaga Sertifikasi ISO9001:2008
E.    Penawaran special PRIMA EDUKASI MANAJEMEN KONSULTAN : Pembinaan ISO 9001:2008 bisa dilakukan dengan kemitraan bersama yaitu; pembinaan terdiri dari beberapa Organisasi/ lembaga dan melakukan kesepakatan bersama untuk diadakan pembinaan Sistem Manajemen Mutu dengan ISO 9001:2008. Sehingga bisa mendapatkan manfaat dan keuntungan yang sama serta menghemat biaya.

SISTEM KEMITRAAN terdiri dari 3 Organisasi/ lembaga dalam 1 (satu) grup Organisasi/ lembaga yang menyelenggaran pembinaan SMM ISO 9001:2008 dengan rincian biaya 70.000.000,- yang diangkat oleh 3 lembaga dan biaya tersebut tidak termasuk biaya sertifikat ISO9001:2008. Jika Organisasi/ lembaga mengendaki audit internal untuk sertifikasi ISO9001:2008 biaya ditanggung mandiri.




Demikian SMM ISO9001:2008 in Brieft yang kami ajukan, selanjutnya jika Organisasi/ lembaga Anda atau secara kelompok Organisasi/ lembaga berkeinginan sekali untuk mendapatkan informasi detail berkenaan dengan proposal ini, kami Prima Education Management Consultant  bersedia melakukan presentasi detail di Organisasi/ lembaga atau tempat yang disepakati oleh Anda tanpa di pungut biaya.
INFORMASI
Untuk informasi selanjutnya, hubungi:
PURWADI, M.Pd
Konsultan ISO 9001:2008
MB: 085 735 935 737


HESTY PUSPITASARI, M.Pd
Direktur Utama Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 755 393 713
Alamat: JL. Raya Bancar No. 26 Prambon Kab. Nganjuk 64484

Acub Zainal H.Dahlan,
Asisten Instruktur Pelatih Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 790 391 932
Alamat: JL. PB. Sudirman Dingin RT. 01 RW. 08 Desa Ngronggot Kec. Ngronggot
Kab. Nganjuk








CONSULTANT CURRICULUM VITAE
Nama
:
Purwadi, M.Pd
Tanggal Lahir
:
Kediri, 16 Desember 1975
Agama
:
Islam
Pendidikan
:
Prog. Pascasarjana Universitas Islam Malang
Pelatihan
1
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
2
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
3
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
4
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
5
Penerimaan R-SMA BI Jakarta
Pengalaman Kerja
1
Ketua Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA AR-Risalah Lirboyo Kota Kediri (2009-2010)
2
Ketua perolehan sertifikasi ISO9001:2008 SMA Ar-Risalah Lirboyo Kota-Kediri (2009- sampai sekarang)
3
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
4
Instruktur pelatihan
§  Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)

CONSULTANT CURRICULUM VITAE
Nama
:
Hesty Puspita Sari, M.Pd
Tanggal Lahir
:
Nganjuk, 14 Maret 1982
Agama
:
Islam
Pendidikan
:
Prog. Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
Pelatihan
1
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
2
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
3
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
4
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
Pengalaman Kerja
1
Dosen FKIP Universitas Islam Kadiri sampai sekarang
2
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
3
Instruktur pelatihan
§  Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
4
Direktur Prima Edukasi Manajemen Konsultan s/d sekarang

CONSULTANT CURRICULUM VITAE
Nama
:
Acub Zainal H.Dahlan,S.Pd.I
Tanggal Lahir
:
Ende Flores, 02 Agustus 1976
Agama
:
Islam
Pendidikan
:
Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam
Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

1
Pelatihan SMM ISO9001:2012 Surabaya
2
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2012 s/d sekarang)
Pengalaman Kerja

Asisten Instruktur pelatihan
Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2011 s/d sekarang)



BAB VII
PENGALAMAN PEMBINAAN
                                                                                   
1.     MAN Nglawak Kertosono Kab. Nganjuk Jawa Timur
2.    MTs N 2 Kota Kediri Nggrongo Jawa Timur
3.    R-SMA BI Ar-Risalah Kediri Jawa Timur
4.    ZERO COLLEGE Kota Nganjuk Jawa Timur
5.    YAYASAN SAHALA Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur
6.    Dinas Pendidikan Kota Kediri


SEMOGA BERMANFAAT
AMIN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar