I.
PENDAHULUAN
Mutu merupakan
kata kunci dalam Era Globalisasi yang ditandai begitu banyaknya persaingan yang
ketat pada saat ini. Keberhasilan dalam upaya untuk menjadi pemenang dalam
kompetisi khususnya dalam dunia Pelayanan kepada Costumer sangat ditentukan
oleh kemampuan Organisasi/ lembaga Anda dalam mengelola dan meningkatkan
sumberdaya yang di miliki dalam memberikan layanan yang benar-benar prima.
Organisasi/ lembaga Anda dalam hal ini harus benar-benar menyadari bahwa dalam
proses memenuhi Standar Pelayanan dan memenuhi harapan masyarakat, maka harus
menunjukkan nilai tambahnya dalam memenuhi harapan mewah dari masyarakat
tersebut.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO
9001:2008 di Organisasi/ lembaga merupakan hal yang sangat penting. Mengapa
demikian? Karena SMM ISO 9001:2008 memfokuskan pada peningkatan mutu layanan
dari semua sektor/ bagian yang ada di Organisasi/ lembaga Anda. Dalam upaya
meningkatkan gairah mutu layanan, SMM ISO digunakan untuk meningkatkan
kompetensi.
Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO
9001:2008 akan dapat memberikan nilai tambah. Apa yang dimaksud dengan Nilai
Tambah? Yaitu Organisasi/ lembaga Anda akan bertambah baik Sistem Administrasinya
pada semua bagian, bertambah menjadi segalanya dan menjadi terpenuhi. Jika
Organisasi/ lembaga Anda di pastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008 akan memiliki
keunggulan pada Sistem Administrasi pada semua bagian di Organisasi/ lembaga
Anda, ini bisa terjadi karena pada SMM ISO Organisasi/ lembaga wajib untuk mengendalikan
kearsipan, dan Organisasi/ lembaga Anda akan memiliki prosedur kerja yang
operasional dan terukur (dapat dilaksanakan), sehingga tidak terjadi tumpang
tindih kewenangan dan kewajiban di Organisasi/ lembaga Anda, Organisasi/
lembaga Anda dipastikan memiliki acuan baku yang telah ditetapkan oleh Top
Manajemen (Direktur/ Kepala) di Organisasi/ lembaga, dan kemudian diterapkan
oleh semuan komponen Organisasi/ lembaga, sehingga Organisasi/ lembaga Anda
akan dipastikan memiliki kinerja yang terukur dan terencana dengan jelas bahwa
apapun yang dikerjakan pasti jelas hasilnya, kemudian dilakukan tinjauan
menajemen oleh Top Manajemen di Organisasi/ lembaga Anda secara berkala sebagai
dasar untuk perbaikan berkelanjutan. Organisasi/ lembaga Anda yang dipastikan menerapkan
SMM ISO 9001:2008 dalam mengambil keputusan apapun untuk meningkatkan kualitas
mutu layanan di Organisasi/ lembaga Anda wajib mengikut sertakan seluruh komponen
yang tentunya untuk mencapai cita-cita
dan tujuan mewah di Organisasi/ lembaga Anda baik jangka panjang, menengah, dan
pendek. Kemudian secara rutin melakukan Audit Internal untuk memastikan bahwa
Sistem Manajemen Mutu yang sudah di buat sesuai dengan kategori Organisasi/
lembaga Anda benar-benar sudah berjalan sesuai dengan jalurnya yaitu sesuai
dengan klausul yang dipersyaratkan dengan standar-standar Internasional.
Untuk Organisasi/ lembaga Anda yang
dipastikan menerapkan SMM ISO 9001:2008, setelah mendapatkan keunggulan secara
Internal, juga mendapatkan keungtungan Eksternal. Apa manfaat Eksternal bagi Organisasi/
lembaga Anda? yang pasti menerapkan ISO 9001:2008? Yaitu memberikan peningkatan
kepercayaan mutu layanan kepada masyarakat luas yang benar-benar Berstandar
Internasional, karena Organisasi/ lembaga Anda di Audit oleh Lembaga
Sertifikasi Mutu Internasional yang dilakukan oleh Negara-negara OECD (kelompok
Ngera berekonomi maju) yang diberi kewenangan untuk megeluarkan Sertifikat Mutu
Internasional, kemudian Organisasi/ lembaga Anda terdaftar dan diakui sebagai Organisasi/
lembaga yang bersertifikat ISO, sehingga Organisasi/ lembaga Anda akan memiliki
standar yang sama dengan Organisasi/ lembaga lainnya yang telah maju di
Indonesia yang sudah berlebel ISO.
Oleh karena itu, ada hal yang sangat-sangat
penting dan dipahami pada Organisasi/ lembaga Anda, bahwa penerapan Sistem
Manajemen Mutu ISO 9001:2008 ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sesuai
persyaratan kepuasan layanan pada pelanggan di Organisasi/ lembaga Anda, namun juga
untuk kepentingnan Organisasi/ lembaga Anda sendiri untuk mendapatkan nilai
tambah yang lebih terhadap produk yang sama dibanding dengan lembaga-lembaga
lain. Ketika Organisasi/ lembaga Anda sudah mendapatkan pengakuan formal dengan
menyandang gelar Organisasi/ lembaga Bersertifikat Internasional ISO9001:2008
wajib dan harus menjaga konsistensi mutu. Bagaimana cara menjaga konsistensi
mutu? Untuk Organisasi/ lembaga Anda yang mengimplementasikan dan mendapat
kepercayaan Internasional (bersertifikat ISO) harus memiliki prinsip “WIN-WIN”
jika Organisasi/ lembaga Anda sudah dikenal sebagai Jagonya Mutu Layanan
diwajibkan memiliki jadwal untuk memberikan pembinaan kepada lembaga-lembaga
lain, dan ketika sistem manajemen mutu yang Organisasi/ lembaga Anda miliki
nantinya benar-benar bisa diterapkan oleh lembaga lain dengan sedikit
modifikasi lalu lembaga lain menjadi sukses seperti Organisasi/ lembaga Anda
maka Organisasi/ lembaga Anda sudah memberikan kemenangan pada lembaga lain.
Saat itulah Organisasi/ lembaga Anda telah menemukan Jalan Kekuatanya dengan
ISO9001:2008.
Apakah bisa Organisasi/ lembaga Anda
menjadi Jagonya Mutu? Jawabnya pasti bisa, jika syarat atau klausul menuju
Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 Organisasi/
lembaga Anda dengan berjuang keras serta pembinaan dengan konsultan yang prima
sebagaimana yang telah dilakukan di lembaga-lembaga lain yang sudah berhasil
dengan ISO 9001:2008.
Persyaratan-persyaratn
ISO9001:2008 sebagai berikut (Klausul 4.1-8.5.3):
PERSYARATAN-PERSYARATAN
|
KLAUSUL
|
Ruang Lingkup
Umum
Aplikasi
|
F 1
F 1.1
F 1.2
|
Acuan Normatif
|
F 2
|
Tujuan dan Definisi
|
F 3
|
SISTEM MANAJEMEN MUTU
|
F 4
|
Persyaratan Umum
|
F 4.1
|
Persyaratan
Dokumen
Umum
Pedoman/Manual Mutu
Pengendalian Dokumen
Pengendalian Rekaman/Catatan Mutu
|
F 4.2
F 4.2.1
F 4.2.2
F 4.2.3
F 4.2.4
|
TANGGUNG JAWAB MANAJEMEN
|
F 5
|
Komitmen
Manajemen
Fokus pada
Pelanggan Sekolah
Kebijakan Mutu
Organisasi/ lembaga
|
F 5.1
F 5.2
F 5.3
|
Perencanaan
Tujuan Mutu Organisasi/ lembaga
Perencanaan Sistem Manajemen Mutu Organisasi/ lembaga
|
F 5.4
F 5.4.1
F 5.4.2
|
Tanggung
Jawab, Wewenang, dan Komunikasi
Tanggung Jawad dan Wewenang
Wakil Manajemen
Komunikasi Internal antar Waka & Kordinator
|
F 5.5
F 5.5.1
F 5.5.2
F 5.5.3
|
Tinjauan
Manajemen Mutu Organisasi/ lembaga
Umum
Input Tinjauan
Output Tinjauan
|
F 5.6
F 5.6.1
F 5.6.2
F 5.6.3
|
MANAJEMEN SUMBERDAYA
|
F 6
|
Penyediaan
Sumberdaya
|
F 6.1
|
Sumberdaya
Manusia
Umum
Kemampuan, Kesadaran, dan Pelatihan
|
F 6.2
F 6.2.1
F 6.2.2
|
Prasarana
|
F 6.3
|
Lingkungan
Kerja
|
F 6.4
|
REALISASI HASIL Organisasi/ lembaga
|
F 7
|
Perencanaan
Realisasi Hasil Organisasi/ lembaga
|
F 7.1
|
Proses yang
Berkaitan dengan Pelanggan Organisasi/ lembaga
Penentuan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Organisasi/
lembaga
Tinjauan Persyaratan yang Berkaitan dengan Hasil Organisasi/
lembaga
Komunikasi dengan Pelanggan
|
F 7.2
F 7.2.1
F 7.2.2
F 7.2.3
|
Disain dan
Pengembangan
Perencanaan Disain dan Pengembangan
Input Disain dan Pengembangan
Output Disain dan Pengembangan
|
F 7.3
F 7.3.1
F 7.3.2
F 7.3.3
|
Tinjauan Disain dan Pengembangan
Verifikasi disain dan Pengembangan
Validasi Disain dan Pengembangan
Pengendalian Perubahan Disain dan Pengembangan
|
F 7.3.4
F 7.3.5
F 7.3.6
F 7.3.7
|
Pembelian
Proses Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa Sekolah
Informasi Pembelian atau Pengadaan Barang dan Jasa
Verifikasi Produk (barang & Jasa) yang Dibeli
|
F 7.4
F 7.4.1
F 7.4.2
F 7.4.3
|
Penyediaan
Produksi dan Jasa
Pengendalian Penyediaan Barang dan Jasa
Validasi Proses untuk Penyediaan Barang dan Jasa
Identifikasi dan Mampu Telusur
Kepemilikan Pelanggan
Tindak telusur lulusan
|
F 7.5
F 7.5.1
F 7.5.2
F 7.5.3
F 7.5.4
F 7.5.5
|
Pengendalian
Peralatan Monitoring dan Pengukuran
|
F 7.6
|
PENGUKURAN, ANALISA, DAN PERBAIKAN
|
F 8
|
Umum
|
F 8.1
|
Monitoring dan
Pengukuran
Kepuasan Pelanggan
Internal Audit
Monitoring dan Pengukuran Proses
Monitoring dan Pengukuran Hasil Organisasi/ lembaga
|
F 8.2
F 8.2.1
F 8.2.2
F 8.2.3
F 8.2.4
|
Pengendalian
Hasil Tidak Sesuai
|
F 8.3
|
Analisa Data
|
F 8.4
|
Perbaikan
Perbaikan Berkelanjutan
Tindakan Koreksi
Tindakan Pencegahan
|
F 8.5
F 8.5.1
F 8.5.2
F 8.5.3
|
Apabila SMM ISO9001:2008 ini diterapkan
pada Organisasi/ lembaga Anda secara benar dan konsisten, maka dapat dipastikan
terjadi magic pada Organisasi/ lembaga Anda yaitu adanya peningkatan kinerja
dan kepuasan pelanggan. Jika Organisasi/ lembaga Anda pahami bahwa dalam proses
meraih SMM ISO mengutamakan pengendalian proses sejak awal, sehingga seluruh
proses kerja menjadi titik-titik kritis dan penting yang menentukan
keberhasilan Organisasi/ lembaga Anda dalam meningkatkan dan menumbuhkan mutu
percepatan mutu layanan dan mutu proses untuk menghasilkan cita-cita dan tujuan
mewah Organisasi/ lembaga Anda.
II.
MANFAAT PENERAPAN SMM ISO 9001:2008
Dipastikan Organisasi/ lembaga Anda yang menerapkan Sistem
Manajemen Mutu ISO9001:2008 secara konsisten dan berkelanjutan, maka Organisasi/
lembaga Anda sudah dipastikan mendapatkan nilai tambah yang sangat besar,
sebagai berikut
Manfaat External pada Organisasi/
lembaga Anda:
F
Meningkatkan hubungan positif dengan seluruh
komponen Organisasi/ lembaga
F
Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
F
Lebih competitive dibandingkan dengan Organisasi/
lembaga lain atas produk yang sama
F
Peningkatan kepuasan seluruh komponen Organisasi/
lembaga Anda
F
Perbaikan dalam penanganan komplain dan
keluhan ditangani secara cepat dan tepat.
Manfaat
Internal (Lebih banyak dibanding manfaat eksternal) di sekolah Anda:
§ Penurunan kerja ulang
§ Penurunan dalam biaya jangka panjang
§ Perbaikan dalam pengedalian dan pengukuran proses
§ Perbaikan moral dan respon dari staff
§ Perbaikan tanggungjawab individu, bagian, dan sistem manajemen
§ Perbaikan kejelasan wewenang dan tanggungjawab
§ Peningkatan efisiensi penggunaan sumberdaya
Sistem manajemen Organisasi/ lembaga Anda menjadi lebih baik dan
berkembang, mengapa demikian? Karena Organisasi/ lembaga Anda memiliki:
1.
Pedoman
Mutu
PM (Pedoman Mutu)
sebagai alat “Promosi Organisasi/ lembaga” yang berisikan tentang “Profil Organisasi/
lembaga” dan penjelasan tentang operasional penerapan SMM ISO9001:2008.
2. Kebijakan Mutu
KM (Kebijakan
Mutu) sebagai pedoman arah kebijakan jangka panjang Organisasi/ lembaga Anda dalam
hal perbaikan mutu Organisasi/ lembaga secara berkelanjutan.
3. Sasaran Mutu
SM (Sasaran Mutu)
yang dimaksud dalam ISO adalah seperangkat pedoman organisasi yang digunakan
untuk meraih target-target jangka pendek dan peningkatan Organisasi/ lembaga.
4. Prosedur Mutu / Prosedur Kerja
PM/PK
(Prosedur Mutu/Prosedur Kerja) adalah seperangkat pedoman mutu dalam melaksanakan
tugas-tugasnya di Organisasi/ lembaga Anda menjadi terprosedur baku yang
dipergunakan oleh seluruh departemen/devisi di Organisasi/ lembaga Anda.
5. Job Deskripsi / Tugas dan Tanggungjawab
JD (Job
Description) adalah seperangkat pedoman standar pembagian tugas-tugas dan
tanggungjawab yang jelas dan tidak ada tumpang tindih kewenangan dalam
menjalankan proses-proses di seluruh departemen atau devisi di Organisasi/
lembaga Anda.
6. Standar Internal
SI (Standar
Internal) adalah seperangkat pedoman standar yang berisikan
persyaratan-persyaratan input yang akan menentukan output sehingga dijadikan
standar dalam peningkatan kinerja Organisasi/ lembaga Anda.
7. Standardisasi Format, Pemakaian, dan Pengendalian
Arsip
Organisasi/ lembaga SF (Standardisasi Format) adalah
seperangkat kumpulan rekaman penting (file, CD, Buku, Format, Dokumen_)
sehingga benar-benar memudahkan penyimpanan dan pengambilan arsip yang
tersimpan. Mengapa harus pengelolaan arsip wajib baik untuk Organisasi/ lembaga
Anda? jawabnya adalah kerena pengelolaan arsip yang baik mudah dilihat dan
gampang diambil dan mudah dikembalikan pada tempatnya merupakan wujud kinerja
dan menunjukkan tingkat profesionalisme di Organisasi/ lembaga Anda.
III.
METODE LAYANAN PEMBINAAN KONSULTAN
MANAJEMEN
SMM ISO9001:2008
bagi
Organisasi/ lembaga Anda yang memastikan untuk meningkatkan mutu layanan, kami
Prima Edukasi Manajemen Konsultan membagi menjadi 8
(delapan) tahapan program penting, dengan steps sebagai berikut:
STEP 1 PELATIHAN
PEMAHAMAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman SMM
ISO9001:2008 kepada seluruh personal kunci dari masing-masing kegiatan atau
bagian.
Adapun rencana program pada Step 1 ini adalah sebagai berikut:
F Pelatihan Pemahaman SMM ISO9001:2008 kepada seluruh personal
kunci di Organisasi/ lembaga Anda dalam perencanaan penerapan dan
pemeliharaannya.
PELATIHAN:
|
STEP 2 PERENCANAAN
PENERAPAN ISO9001:2008
Pada Step 2 ini, memberikan panduan, bimbingan, dan petunjuk
kepada TIM ISO di Organisasi/ lembaga Anda dalam merancang tata waktu penerapan
SMM ISO9001:2008 serta penyiapan rancang bangun dokumentasi dan penanggungjawab
pengembangan SMM ISO9001:2008.
|
STEP 3 PENGEMBANGAN
DOKUMEN SMM ISO9001:2008
Pada langkah Step 3 ini: konsultan memberikan pembinaan terhadap
Tim Sukses ISO di Organisasi/ lembaga Anda untuk membuat sistem dokumentasi
yang disesuaikan klausul standar ISO9001:2008 yang terdiri dari: Kebijakan Mutu,
Tujuan Mutu, Pedoman Mutu, Prosedur Kerja, dan Dokumen Pendukung Lainnya
(dokumen terkait)
|
STEP 4 PENGEMBANGAN,
PENYELARASAN DAN BIMBINGAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008
Pada step 4 ini konsultan memberikan bimbingan dan motivasi atas
pentingnya kepada semua komponen Organisasi/ lembaga bahwa Sistem Manajemen
Mutu yang telah di buat dan disepakati oleh Organisasi/ lembaga Anda merupakan
kunci untuk menerapkan SMM ISO9001:2008, serta untuk menjaga konsistensi
terhadap mutu yang dihasilkan.
|
STEP 5 PELATIHAN
DAN PRAKTEK AUDIT MUTU INTERNAL
Pada step 5 ini, konsultan bersama dengan Tim Sukses akan
benar-benar memastikan bahwa Sistem Manajemen Mutu telah diterapkan oleh Organisasi/
lembaga Anda dan telah memenuhi Standar ISO90012008.
Adapun
target yang akan diraih pada step 5 adalah;
|
PELATIHAN
|
STEP 6 PELAKSANAAN
TINJAUAN MANAJEMEN
Pada langkah ke 6 ini Prima Edukasi Konsultan akan memberikan
pendampingan dan memandu proses tinjuan manajemen untuk melihat aktifitas
penerapan SMM ISO 9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda.
|
STEP 7 PEMERIKSAAN
KESIAPAN PENERAPAN SMM ISO9001:2008 DAN PERSIAPAN PRE-AUDIT (PRE ASSESSMENT)
Pada langkah yang ke 7 ini pihak dari
konsultant akan memeriksa secara komprehensif terkait dengan segala persiapan
untuk penerapan SMM ISO9001:2008.
Target aktifitas pada langkah ke 7 ini adalah;
|
STEP 8 PERBAIKAN
HASIL PER-AUDIT DAN PERSIAPAN FINAL AUDIT OLEH LEMBAGA EKSTERNAL AUDIT
Pada langkah yang ke 8 ini adalah yang sangat penting dimana Organisasi/
lembaga Anda bersama-sama dengan konsultan melakukan perbaikan hasil temuan
ketidaksesuaian dari hasil per-Audit ((Pre Assessment) oleh Lembaga
Sertifikasi Internasional. Setelah semua atas ketidaksesuaian
tersebut diperbaiki
dan dikirim ke Lembaga Sertifikasi Internasional, selanjutnya
Lembaga Sertifikasi akan segara melakukan Final Audit (Final Assessment) sebagai syarat
Sertifikasi SMM ISO9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda.
IV.
WAKTU & BIAYA
§ Target perencanaan waktu untuk menyelasaikan program Penerapan
dan perolehan sertifikat ISO 9001:2008 di Organisasi/ lembaga Anda selama 6-7
bulan (sesuai dengan 8 tahapan program yang direncanakan) dengan konsultan yang
berpengalaman.
§
Program setting SMM di Organisasi/ lembaga
Anda direncanakan dimulai pada bulan Maret s/d bulan Septembar berdasarkan
rencana jadwal kunjungan sebagai beriktu:
NO
|
PROGRAM ISO9001
|
KUNJUNGAN
|
JUMLAH HARI KERJA
|
||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
|||
1.
|
F
Pelatihan Pemahaman SMM ISO 9001:2008
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
2.
|
F
Perencanaan Penerapan SMM ISO9001:2008
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
3.
|
F
Pengembangan Dokumen SMM ISO9001:2008
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
4.
|
F
Pengembangan Penyelarasan dan Bimbingan
Penerapan SMM ISO9001:2008
|
|
|
|
|
10
|
|||
5.
|
F
Pelatihan dan Praktek Audit Mutu Internal
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
6.
|
F
Pemeriksaan Persiapan Penerapan SMM
ISO9001:2008 dan Persiapan Pre-Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
7.
|
F
Pre-Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
8.
|
F
Perbaikan Hasil Pre-Assessment dan
Persiapan Final Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
9.
|
F
Final Assessment
|
|
|
|
|
|
|
|
-
|
TOTAL HARI KONSULTAN
|
32
|
Catatan:
§ Rincian Jadual Kunjungan akan ditentukan dengan bersama oleh
Para Pihak di Organisasi/ lembaga Anda.
§ Jaringan internet bisa dipergunakan untuk efektifitas dan
percepatan konsultasi.
Rincian
Biaya Program Setting SMM ISO9001:2008 adalah sebagai berikut:
NO
|
SERVISE
|
COST
|
1.
|
Layanan konsultasi selama 6-7 bulan
(setara dengan 32 hari kerja atau 224 jam kerja dengan konsultan) di sekolah
Anda, mulai dari:
|
Biaya Konsultan &
Setifikat ISO 9001:2008
50.000.000,-
|
2.
|
§ Pelatihan
pemahaman ISO9001:2008 dan materi pelatihan (termasuk sertifikat peserta)
|
|
3.
|
§ Sosialisasi
ISO 9001:2008 dan materi sosialisasi
|
|
4.
|
§ Perencanaan
dan pengembangan seluruh dokumen untuk implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO
(pembinaan selama 6-7 bulan)
|
|
5.
|
§ Pelatihan
dan praktek audit Mutu Internal dan Materi Pelatihan Audit (termasuk
sertifikat peserta)
|
|
6.
|
§ Pemeriksaan
peserta menghadapi badan sertifikasi
|
|
7.
|
§ Perbaikan
hasil sertifikasi sampai mendapat sertifikasi ISO 9001:2008
|
Catatan:
§ Biaya yang disepakati adalah biaya konsultan dan sampai pada
Audit Eksternal atau Final Essessment oleh Lembaga Audit ISO internasional dan
memperoleh sertifikat ISO 9001:2008
§ Akomudasi penginapan selama setting SMM ISO9001:2008 menjadi
tanggungjawab Organisasi/ lembaga Anda. (jika Organisasi/ lembaga Anda berada
di luar Daerah jangkauan konsultan)
§ Pajak dibebankan pada Organisasi/ lembaga Anda
Sistem
pembayaran secara bertahap sehingga meringankan Organisasi/ lembaga Anda dengan rincian sebagai berikut:
Tahap
|
Besaran
|
Dibayarkan
|
I
|
§
50%
|
F
Pada
saat kontrak kerjasama ditandatangani
|
II
|
§
25%
|
F
Bulan
ke III
|
III
|
§
25%
|
F
Bulan
ke V
|
TOTAL
|
100%
|
Apabila Organisasi/ lembaga Anda menghendaki, maka sistem pembiayaan
ini dapat di ubah sesuai dengan keinginan maupun kondisi sekolah Anda.
V.
BEBERAPA KEUNTUNGAN MEMAKAI
JASA PRIMA EDUCATION QUALITY MANAGEMENT CONSULTANT
A. Kami Prima Edukasi Manajemen Mutu Konsultan tidak sekedar
menyesuaikan sistem manajemen Organisasi/ lembaga dengan standar Internasional
ISO 9001:2008, tetapi kami juga akan menyempurnakan Sistem Manajemennya
B. Kami fokus pada nilai tambah Organisasi/ lembaga Anda khususnya
pada Sistem Manajemen Mutu yang benar-benar untuk Manajemen Mutu
C. Kami berniat untuk memotong tingkat kemahalan biaya penerapan
SMM ISO9001:2008
D.
Kami
memiliki network dan hubungan yang baik dengan lembaga Sertifikasi cabang
Jakarta dan Surabaya, sehingga Organisasi/ lembaga Anda memiliki banyak pilihan
untuk Lembaga Sertifikasi ISO9001:2008
E.
Penawaran
special PRIMA EDUKASI MANAJEMEN KONSULTAN : Pembinaan ISO 9001:2008 bisa
dilakukan dengan kemitraan bersama yaitu; pembinaan terdiri dari beberapa Organisasi/
lembaga dan melakukan kesepakatan bersama untuk diadakan pembinaan Sistem
Manajemen Mutu dengan ISO 9001:2008. Sehingga bisa mendapatkan manfaat dan
keuntungan yang sama serta menghemat biaya.
SISTEM KEMITRAAN terdiri dari
3 Organisasi/ lembaga dalam 1 (satu) grup Organisasi/ lembaga yang
menyelenggaran pembinaan SMM ISO 9001:2008 dengan rincian biaya 70.000.000,-
yang diangkat oleh 3 lembaga dan biaya tersebut tidak termasuk biaya sertifikat
ISO9001:2008. Jika Organisasi/ lembaga mengendaki audit internal untuk
sertifikasi ISO9001:2008 biaya ditanggung mandiri.
Demikian SMM ISO9001:2008 in Brieft yang
kami ajukan, selanjutnya jika Organisasi/ lembaga Anda atau secara kelompok Organisasi/
lembaga berkeinginan sekali untuk mendapatkan informasi detail berkenaan dengan
proposal ini, kami Prima Education Management Consultant bersedia melakukan presentasi detail di
Organisasi/ lembaga atau tempat yang disepakati oleh Anda tanpa di pungut
biaya.
INFORMASI
Untuk
informasi selanjutnya, hubungi:
PURWADI, M.Pd
Konsultan
ISO 9001:2008
MB: 085 735 935 737
HESTY PUSPITASARI, M.Pd
Direktur
Utama Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 755 393 713
Alamat:
JL. Raya Bancar No. 26 Prambon Kab. Nganjuk 64484
Acub
Zainal H.Dahlan,
Asisten Instruktur Pelatih Prima Edukasi Manajemen Konsultan
MB: 085 790 391 932
Alamat:
JL. PB. Sudirman
Dingin RT. 01 RW. 08 Desa Ngronggot Kec. Ngronggot
Kab.
Nganjuk
CONSULTANT
CURRICULUM VITAE
|
||
Nama
|
:
|
Purwadi, M.Pd
|
Tanggal Lahir
|
:
|
Kediri, 16 Desember 1975
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pendidikan
|
:
|
Prog. Pascasarjana Universitas Islam
Malang
|
Pelatihan
|
1
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
|
2
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
|
|
3
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
|
|
4
|
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
|
|
5
|
Penerimaan R-SMA BI Jakarta
|
|
Pengalaman Kerja
|
1
|
Ketua Program Rintisan Sekolah Bertaraf
Internasional SMA AR-Risalah Lirboyo Kota Kediri (2009-2010)
|
2
|
Ketua perolehan sertifikasi ISO9001:2008
SMA Ar-Risalah Lirboyo Kota-Kediri (2009- sampai sekarang)
|
|
3
|
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
|
|
4
|
Instruktur pelatihan
§ Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008
s/d sekarang)
|
CONSULTANT
CURRICULUM VITAE
|
||
Nama
|
:
|
Hesty Puspita Sari, M.Pd
|
Tanggal Lahir
|
:
|
Nganjuk, 14 Maret 1982
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pendidikan
|
:
|
Prog. Pascasarjana Universitas Sebelas
Maret Surakarta
|
Pelatihan
|
1
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Malang
|
2
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Surabaya
|
|
3
|
Pelatihan SMM ISO9001:2008 Jakarta
|
|
4
|
Pelatihan R-SMA BI Jakarta
|
|
Pengalaman Kerja
|
1
|
Dosen FKIP Universitas Islam Kadiri sampai
sekarang
|
2
|
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
|
|
3
|
Instruktur pelatihan
§
Sistem
Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2008 s/d sekarang)
|
|
4
|
Direktur Prima Edukasi Manajemen
Konsultan s/d sekarang
|
CONSULTANT
CURRICULUM VITAE
|
||
Nama
|
:
|
Acub Zainal
H.Dahlan,S.Pd.I
|
Tanggal Lahir
|
:
|
Ende Flores, 02 Agustus 1976
|
Agama
|
:
|
Islam
|
Pendidikan
|
:
|
Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Universitas Islam
Indonesia (UII) Yogyakarta
|
|
1
|
Pelatihan SMM ISO9001:2012 Surabaya
|
2
|
Pelatih dan Konsultan Sistem Manajemen
Mutu ISO9001:2008 (2012 s/d sekarang)
|
|
Pengalaman Kerja
|
|
Asisten Instruktur pelatihan
Sistem Manajemen Mutu ISO9001:2008 (2011 s/d sekarang)
|
BAB VII
PENGALAMAN PEMBINAAN
1.
MAN
Nglawak Kertosono Kab. Nganjuk Jawa Timur
2.
MTs
N 2 Kota Kediri Nggrongo Jawa Timur
3.
R-SMA
BI Ar-Risalah Kediri Jawa Timur
4.
ZERO
COLLEGE Kota Nganjuk Jawa Timur
5.
YAYASAN
SAHALA Mojoroto Kota Kediri Jawa Timur
6.
Dinas
Pendidikan Kota Kediri
SEMOGA BERMANFAAT
AMIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar