Dalam
rangka peningkatan mutu layanan Dinas Pendidikan Kota Kediri kepada masyarakat
pengguna jasa layanannya, Dinas Pendidikan Kota Kediri mengadakan : “Workshop
Pemahaman dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008” pada hari Rabu 20
Pebruari 2013 bertempat di Hotel Lotus Kediri.
Acara
ini merupakan langkah awal Dinas Pendidikan Kota Kediri untuk mengimplementasikan
SMM ISO 9001:2008 yang
akan disusul dengan Bimbingan- bimbingan
Teknis selanjutnya di Dinas
Pendidikan Kota Kediri selama 6 bulan ke depan yang didampingi oleh konsultan
ISO dari Prima Edukasi Consultant sebagai mana disampaikan oleh Kepala Dinas
Pendidikan Kota Kediri Drs. Gunawan Setiyobudi,
M.Pd pada Pembukaan workshop tersebut.
Dalam Sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri
menyatakan bahwa Tantangan global yang dihadapi dunia tidak dapat dihindari
baik dari sektor jasa pendidikan baik Lembaga Negeri maupun swasta, mau tidak
mau semua pihak dituntut untuk mempersiapkan diri untuk mampu bertahan
(survive) dalam menghadapi kondisi tersebut, Seiring dengan globalisasi ini,
standarisasi manajemen telah menjadi isu utama lebih khusus lagi tentang
standarisasi sistem manajemen mutu. Untuk itu, suatu lembaga jasa pendidikan
negeri maupun swasta perlu menyiapkan kerangka sistem mutu lembaganya kearah
yang diinginkan sesuai dengan sasaran mutu atau tujuan akhir yang ditetapkan
oleh lembaga tersebut, dalam pengertian bahwa tujuan atau sasaran mutu dari
suatu lembaga mampu mencapai kesesuaian dengan keinginan yang diharapkan dari
pelanggan atau mitra kerja lembaga tersebut. Lebih lanjut beliau sangat
mengharapkan setelah workshop ini agar dilanjutkan dengan Bimtek- bimtek di
Kantor Dinas Pendidikan yang ditargetkan selama 6 bulan, sehingga Dinas
Pendidikan Kota Kediri mampu menjadi Pilot Projec dalam hal mutu layanan kepada masyarakat.
Selanjutnya Konsultan ISO Purwadi, M.Pd dari Prima
Edukasi Consultant dalam pemaparan materinya menyatakan salah satu
standard sistem manajemen mutu yang telah berkembang di negara maju dan bahkan
negara berkembang adalah ISO 9001 : 2008. Standar ini merupakan sarana atau
sebagai alat untuk dapat mencapai tujuan mutu dalam menerapkan Total Quality
Control yang diharapkan mampu menjawab perkembangan globalisasi ini dimana
tujuan akhirnya adalah mencapai efektifitas dan efisiensi suatu lembaga.
Standard ini merupakan salah satu standard yang diakui secara internasional,
yang selanjutnya sudah diimplementasikan di banyak lembaga di Indonesia baik
negeri maupun swasta.
Standard Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan
suatu hal yang dianggap masih relatif baru di Indonesia. Namun karena tuntutan
masyarakat serta kondisi yang ada nampak perkembangan penerapan standar ini
pada organisasi/ lembaga di Indonesia menujukan angka yang cukup signifikan. Hal
ini menunjukan bahwa standarisasi sudah mulai akrab dan diakui manfaatnya bagi
suatu organisasi/ lembaga.
Selanjutnya Purwadi mengatakan bahwa Perkembangan dan kemajuan
dunia berdampak pada meningkatnya permasalahan pada pencapaian kualitas dan
kinerja organisasi baik organisasi swasta, pemerintah maupun organisasi
kemasyarakatan lainnya. Hal ini dapat terjadi karena kurang adanya kepedulian
dan perhatian dari organisasi tersebut dalam melakukan pekerjaan mereka secara
baik dan benar untuk menciptakan hasil produk atau jasanya sesuai dengan yang
diharapkan oleh pihak pelanggan mereka. Menurunnya kepercayaan pelanggan atas
produk yang dihasilkan memberikan dampak secara langsung terhadap pencapaian
kinerja organisasi tersebut dan secara tindak langsung kepada pihak-pihak yang
terkait dengan organisasi tersebut (stakeholder).
Untuk dapat menghindari terjadi permasalahan tersebut
diatas, suatu organisasi perlu melakukan pengendalian atas proses-proses yang
dilakukannya untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan pelanggannya.
Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan suatu sistem manajemen yang dapat
mengelola dan mengendalikan kualitas proses dan produk mereka sehingga dapat
meningkatkan produktifitas dan kinerja organisasi. ISO 9001:2008 adalah suatu Standar
Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu yang diakui secara internasional dan
telah digunakan dibanyak organisasi pemerintah maupun swasta, baik industri pabrikan
ataupun layanan jasa pendidikan. Standar ini digunakan untuk menetapkan dan
menyusun suatu Sistem Manajemen Mutu yang dapat menjamin konsistensi produk /
lulusan yang dihasilkannya dalam tujuan untuk memenuhi tingkat kepuasan
pelanggan yang lebih baik.
Hadir pada Workshop tersebut adalah dari Dinas
Pendidikan Kota Kediri antara lain Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, para Kepala
Bagian, Para Kepala Bidang dan para Kepala Seksi. Sementara dari Konsultan ISO
Prima Edukasi Consultant antara lain Purwadi M.Pd (Konsultan ISO) Zainal Abidin
Al-Floresi,S.Pd.I (Konsultan ISO), Meilani Ambarwati (Administrasi & Arsip) , Avit Abidin (Perencanaan Program), Franki
Asmoro (Marketing dan IT)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar