Selasa, 05 Maret 2013

UNTUK PENINGKATAN MUTU LAYANAN, DINAS PENDIDIKAN KOTA KEDIRI MENGIMPLEMENTASIKAN ISO 9001:2008





Dalam rangka peningkatan mutu layanan Dinas Pendidikan Kota Kediri kepada masyarakat pengguna jasa layanannya, Dinas Pendidikan Kota Kediri mengadakan : “Workshop Pemahaman dan Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008” pada hari Rabu 20 Pebruari 2013 bertempat di Hotel Lotus Kediri.
Acara ini merupakan langkah awal Dinas Pendidikan Kota Kediri untuk mengimplementasikan SMM ISO 9001:2008 yang akan disusul dengan Bimbingan- bimbingan  Teknis selanjutnya di Dinas Pendidikan Kota Kediri selama 6 bulan ke depan yang didampingi oleh konsultan ISO dari Prima Edukasi Consultant sebagai mana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Drs. Gunawan Setiyobudi, M.Pd pada Pembukaan workshop tersebut.
Dalam Sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri menyatakan bahwa Tantangan global yang dihadapi dunia tidak dapat dihindari baik dari sektor jasa pendidikan baik Lembaga Negeri maupun swasta, mau tidak mau semua pihak dituntut untuk mempersiapkan diri untuk mampu bertahan (survive) dalam menghadapi kondisi tersebut, Seiring dengan globalisasi ini, standarisasi manajemen telah menjadi isu utama lebih khusus lagi tentang standarisasi sistem manajemen mutu. Untuk itu, suatu lembaga jasa pendidikan negeri maupun swasta perlu menyiapkan kerangka sistem mutu lembaganya kearah yang diinginkan sesuai dengan sasaran mutu atau tujuan akhir yang ditetapkan oleh lembaga tersebut, dalam pengertian bahwa tujuan atau sasaran mutu dari suatu lembaga mampu mencapai kesesuaian dengan keinginan yang diharapkan dari pelanggan atau mitra kerja lembaga tersebut. Lebih lanjut beliau sangat mengharapkan setelah workshop ini agar dilanjutkan dengan Bimtek- bimtek di Kantor Dinas Pendidikan yang ditargetkan selama 6 bulan, sehingga Dinas Pendidikan Kota Kediri mampu menjadi Pilot Projec  dalam hal mutu layanan kepada masyarakat.
Selanjutnya Konsultan ISO Purwadi, M.Pd dari Prima Edukasi Consultant dalam pemaparan materinya menyatakan  salah satu standard sistem manajemen mutu yang telah berkembang di negara maju dan bahkan negara berkembang adalah ISO 9001 : 2008. Standar ini merupakan sarana atau sebagai alat untuk dapat mencapai tujuan mutu dalam menerapkan Total Quality Control yang diharapkan mampu menjawab perkembangan globalisasi ini dimana tujuan akhirnya adalah mencapai efektifitas dan efisiensi suatu lembaga. Standard ini merupakan salah satu standard yang diakui secara internasional, yang selanjutnya sudah diimplementasikan di banyak lembaga di Indonesia baik negeri maupun swasta.
Standard Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 merupakan suatu hal yang dianggap masih relatif baru di Indonesia. Namun karena tuntutan masyarakat serta kondisi yang ada nampak perkembangan penerapan standar ini pada organisasi/ lembaga di Indonesia menujukan angka yang cukup signifikan. Hal ini menunjukan bahwa standarisasi sudah mulai akrab dan diakui manfaatnya bagi suatu organisasi/ lembaga.
Selanjutnya Purwadi mengatakan bahwa Perkembangan dan kemajuan dunia berdampak pada meningkatnya permasalahan pada pencapaian kualitas dan kinerja organisasi baik organisasi swasta, pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan lainnya. Hal ini dapat terjadi karena kurang adanya kepedulian dan perhatian dari organisasi tersebut dalam melakukan pekerjaan mereka secara baik dan benar untuk menciptakan hasil produk atau jasanya sesuai dengan yang diharapkan oleh pihak pelanggan mereka. Menurunnya kepercayaan pelanggan atas produk yang dihasilkan memberikan dampak secara langsung terhadap pencapaian kinerja organisasi tersebut dan secara tindak langsung kepada pihak-pihak yang terkait dengan organisasi tersebut (stakeholder).
Untuk dapat menghindari terjadi permasalahan tersebut diatas, suatu organisasi perlu melakukan pengendalian atas proses-proses yang dilakukannya untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan pelanggannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan suatu sistem manajemen yang dapat mengelola dan mengendalikan kualitas proses dan produk mereka sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja organisasi.  ISO 9001:2008 adalah suatu Standar Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu yang diakui secara internasional dan telah digunakan dibanyak organisasi pemerintah maupun swasta, baik industri pabrikan ataupun layanan jasa pendidikan. Standar ini digunakan untuk menetapkan dan menyusun suatu Sistem Manajemen Mutu yang dapat menjamin konsistensi produk / lulusan yang dihasilkannya dalam tujuan untuk memenuhi tingkat kepuasan pelanggan yang lebih baik.
Hadir pada Workshop tersebut adalah dari Dinas Pendidikan Kota Kediri antara lain Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, para Kepala Bagian, Para Kepala Bidang dan para Kepala Seksi. Sementara dari Konsultan ISO Prima Edukasi Consultant antara lain Purwadi M.Pd (Konsultan ISO) Zainal Abidin Al-Floresi,S.Pd.I (Konsultan ISO), Meilani Ambarwati (Administrasi & Arsip) , Avit Abidin (Perencanaan Program), Franki Asmoro (Marketing dan IT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar